Belajar Menurut Al-Qur’an



Belajar Menurut Al-Qur’an
Agama Islam sangat menganjurkan kepada insan untuk selalu belajar. Bahkan, adanya kewajiban dalam Islam bagi setiap orang yang beriman untuk selalu belajar. Segala sesuatu yang diperintahkan oleh Yang Mahakuasa pasti terdapat nasihat di dalamnya. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan belajar, antara lain :
  1. Bahwa orang yang mencar ilmu akan mendapatkan ilmu yang dapat digunakan untuk memecahkan segala problem yang dihadapinya di kehidupan dunia. Dengan demikian orang yang tidak pernah mencar ilmu tidak akan memliki ilmu pengetahuan atau ilmu pengetahuan yang dimilikinya sangat terbatas. Dalam firman Allah:
  2. أَمَّنْ هُوَ قَانِتٌ آنَاءَ اللَّيْلِ سَاجِدًا وَقَائِمًا يَحْذَرُ الْآخِرَةَ وَيَرْجُو رَحْمَةَ رَبِّهِ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي الَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَالَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُولُو الْأَلْبَابِ
    "Apakah kau Hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu-waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedang beliau takut kepada (azab) alam abadi dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: "Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?" Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat mendapatkan pelajaran". (QS. Az-Zumar: 9). 
  3. Manusia dapat mengetahui dan memahami apa yang dilakukannya alasannya ialah Yang Mahakuasa sangat membenci orang yang tidak memiliki pengetahuan akan apa yang dilakukannya alasannya ialah setiap apa yang diperbuat akan dimintai pertanggungjawabannya. Firman Yang Mahakuasa :
    وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا
    "Dan janganlah kau mengikuti apa yang kau tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya". (QS. Al-Isra': 36). 
  4. Dengan ilmu yang dimilikinya melalui proses mencar ilmu bisa mengangkat derajatnya di mata Allah. Firman Yang Mahakuasa :
    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ وَإِذَا قِيلَ انشُزُوا فَانشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
    "Hai orang-orang beriman apabila kau dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Yang Mahakuasa akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Yang Mahakuasa akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Yang Mahakuasa Maha mengetahui apa yang kau kerjakan". (QS. Al-Mujadalah:11).