Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi

Menghilangkan Karang Gigi 

KESEHATAN - Semua orang yang perduli pada kesehatan gigi sangat meninginkan kebersihan gigi dan tidak ingin giginya berkarang. Efek yang kurang baik dari karang gigi mengakibatkan gigi yang terlihat jelek dan juga mengakibatkan gusi berdarah serta juga dapat mengakibatkan anyir mulut, itu dikarenakan karang gigi ialah daerah bakteri bersarang. Semakin tebal karang gigi semakin banyak bakteri yang bersarang.

Menurut penelitian, duduk perkara karang gigi juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Karang gigi dapat dihilangkan dengan membersihkannya di dokter gigi, tapi rasanya lumayan sakit. Sebenarnya karang gigi juga dapat dibersihkan secara alami. Untuk mengetahuinya, berikut ialah Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi:

1. Sikat gigi dengan benar dua kali sehari

Menyikat gigi dengan benar juga dapat membersihkan karang gigi. Bagian gusi juga harus dibersihkan. Gusi bab atas di gosok dari atas ke bawah, sedangkan gusi bab bawah di gosok dari bawah ke atas.

2. Konsumsi buah apel

Memakan kulit buah apel tanpa mengupas kulitnya dapat membantu membersihkan gigi dan menghilangkan karang gigi. Kandungan gizinya juga dapat melindungi gigi dari plak. 

3. Rajin minum air putih

Rajin minum air putih juga bermanfaat menghilangkan karang gigi. Kandungan air putih dapat membersihkan gigi dan karang gigi.

4. Berkumur dengan cairan pembersih mulut

Selain untuk membersihkan verbal dan menghilangkan anyir nafas yang tidak sedap, cairan pembesih verbal juga dapat menghilangkan plak dan karang gigi.

5. Rajin makan buah dan sayur

Serat yang terkandung dalam buah dan sayuran dapat mengilangkan sisa makanan yang mengakibatkan karang gigi.

6. Batu merah

Cara membersihkan karang gigi dengan watu merah yaitu dengan menghaluskan watu merah sehingga berbentuk bubuk, setelah itu gosokkan pada gigi yang ingin dibersihkan dari karang gigi. Lalu bersihkan dan ulang sampai tiga kali.

7. Cengkeh

Cara membersihkan karang gigi dengan cengkeh yaitu dengan menyiapkan cengkeh sebanyak 7 buah. Lalu tumbuk halus dan bersihkan pada gigi yang ingin dibersihkan. Tumbukan cengkeh tadi juga dapat dibuat untuk berkumur.

8. Biji asam kawak

Cara membersihkan karang gigi dengan biji asam kawak yaitu, sangrai biji asam kawak kemudian haluskan dengan diblender atau ditumbuk. Bubuk tersebut mampu digunakan untuk membersihkan karang gigi dengan sikat gigi atau kapas untuk membersihkannya.
Cara-cara tadi dapat membantu membersihkan karang gigi, namun harus dilakukan secara teratur dan bertahap semoga dapat terasa khasiatnya.