Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Kejadian Misterius di Kapal SS Ourang Medan




Pada Februari 1948, sebuah peristiwa misterius menimpa sebuah kapal kargo asal Belanda. Peristiwa ganjil dan mengerikan tersebut menimpa seluruh awak kapal yang sedang melewati Selat Malaka ketika itu. Kapal ini berikut kisah misteriusnya yang hampir tak masuk logika begitu terkenal di seluruh dunia. Nama kapal ini yaitu SS Ourang Medan.

Kisah mengenai kapal SS Ourang Medan pertama kali dipublikasikan oleh US National Coast Guard yang merupakan kisah yang diceritakan oleh Proceedings of The Merchant Marine Council pada tahun 1953. Berikut kisahnya.

Publikasi mengenai kapal SS Ourang Medan

SS Ourang Medan yaitu sebuah kapal pengangkut barang milik Belanda. Kapal ini biasa digunakan untuk mengangkut hasil kekayaan alam. Pada Februari 1948, kapal ini sedang menjalankan acara pengangkutan menyerupai biasanya mengangkut barang melewati Selat Malaka. 

Namun pada ketika itu, sebuah kecacatan terjadi. Kapal ini tiba-tiba mengirimkan sinyal SOS yang kemudian terdengar oleh kapal-kapal yang sedang melewati perairan tersebut. Kapal Silver Star dan kapal City of Baltimore yang menangkap sinyal SOS tersebut terperanjat tatkala dari radio kapal tersebut terdengar bunyi yang begitu panik dan menyatakan bahwa para awak kapal SS Ourang Medan termasuk kapten kapal telah tewas.

Suara dari radio itu kemudian hanya terdengar berupa bunyi gemerisik dan tak lama kemudian sambungan terputus.

Kapten kapal Silver Star yang berhasil menemukan titik koordinat kapal SS Ourang Medan segera memerintahkan para awak kapal bergegas menuju lokasi kapal. Beberapa jam kemudian mereka berhasil menemukan kapal SS Ourang Medan yang berada di Teluk Benggala.

Pada ketika ditemukan kapal tersebut tak memperlihatkan tanda-tanda adanya kehidupan. Keadaan ketika itu begitu sunyi senyap. Para awak kapal Silver Star hanya melihat kawanan hiu di bersahabat kapal tersebut. Mereka pun kesannya memutuskan mengirimkan sebuah kapal kecil untuk memeriksa kapal SS Orang Medan. Namun apa yang akan mereka lihat setelah itu akan menjadi pemandangan yang tidak akan pernah mereka lupakan seumur hidup.

Ketika mulai naik ke atas dek kapal, mereka menemukan para awak kapal SS Ourang Medan telah menjadi mayat. Begitu juga sang kapten kapal yang berada di ruang kemudi beserta awak kapal yang lainnya telah menjadi mayat. Bahkan ada seekor anjing yang juga tewas dengan kondisi serupa.



Namun yang paling mengerikan yaitu kenyataan bahwa seluruh mayat-mayat itu ditemukan dalam kondisi begitu mengerikan sampai hampir tak dapat diterima logika sehat. Semua jenazah di kapal tersebut kaku dengan mata melotot dan pandangan ketakutan. Beberapa jenazah tersebut bahkan terlihat menunjuk ke arah atas. Apa yang terjadi di atas kapal tersebut? Dan apa yang sebetulnya dilihat oleh para awak kapal sebelum menemui ajal sampai kondisi mereka begitu mengerikan?

Hal ganjil lainnya dari mayat-mayat tersebut yaitu tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan. Lalu apa yang mengakibatkan para awak kapal meninggal? Selain itu pula dari investigasi oleh awak kapal Silver Star tidak ditemukan adanya barang-barang yang hilang di kapal tersebut. Semuanya masih dalam kondisi baik.

Saat sedang melaksanakan penyelidikan itulah, tiba-tiba muncul percikan api dari salah satu bab kapal. Api itu segera saja menjalar ke seluruh bab kapal. Para awak kapal Silver Star segera menyelamatkan diri. Tak lama kemudian kapal tersebut meledak dan perlahan karam ke dasar lautan.

Kisah kapal SS Ourang Medan ini begitu mengerikan sekaligus misterius. Meskipun telah dipublikasikan secara resmi oleh  US National Coast Guard, namun anehnya tidak ada satu pun dokumen ataupun catatan resmi mengenai eksistensi kapal SS Ourang Medan. Menimbulkan spekulasi liar berkembang mempertanyakan kebenaran kisah ini.



Beberapa teori yang mencoba mengungkap kejadian misterius kapal SS Ourang Medan pun menyeruak. Setidaknya ada 3 teori yang cukup terkenal yang mencoba menjawab apa yang sebetulnya terjadi pada seluruh awak kapal tersebut.

Teori yang pertama yaitu adanya muatan kapal yang berbahaya. Teori ini meyakini kargo SS Ourang Medan ketika itu terdiri dari bahan-bahan berbahaya menyerupai potasium sianida dan nitrogliserin. Menurut teori ini SS Ourang Medan mampu jadi ikut dalam sebuah kegiatan penyelundupan bahan-bahan kimia. Makara setelah air laut naik ke dalam kapal, bahan-bahan kimia tersebut bereaksi dan membuat seluruh awak kapal keracunan. Dan terakhir tentu saja bahan-bahan kimia ini memicu reaksi ledakan yang sejalan dengan dongeng di mana pada kesannya kapal tersebut meledak.

Teori kedua mempercayai bahwa ada kekuatan ekstra terestrial yang mengakibatkan mayat-mayat para awak kapal ditemukan dalam kondisi ganjil dan mengerikan. Seorang penulis artikel di Fate Magazine keluaran tahun 1953 bahwa kapal tersebut telah diserang oleh pesawat luar angkasa (UFO). Hal ini menjelaskan mengapa seluruh penumpang kapal memperlihatkan lisan ketakutan dan badan yang kaku.

Sementara itu, teori ketiga meyakini bahwa kisah kapal SS Ourang Medan hanyalah karangan US National Guard. Hal ini diperkuat alasannya yaitu tidak adanya catatan registrasi maupun dokumen yang ditemukan atas nama SS Ourang Medan di Lloyd Shipping Register. Sehingga banyak yang memperkirakan kapal ini hanyalah kapal fiktif beserta dengan kisah dongeng misteriusnya.

Namun jika kita menyingkirkan ketiga teori di atas, ada satu kemungkinan yang tak kalah mengerikannya yang mungkin terjadi pada kapal misterius ini. Bagaimana jika kapal ini benar-benar ada dan ajal seluruh awak kapal memang sengaja disembunyikan untuk menutupi suatu kegiatan ilegal yang dilakukan kapal tersebut?

Who knows?


loading...