Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Kisah Kelam Patung Tentara Terakota dan Obsesi Aneh Kaisar Qin



Kekeringan yang melanda desa Xi'an pada tahun 1974, membuat sekelompok petani berinisiatif untuk menggali sumur air di Xi'an, Distrik Lintong, Provinsi Shaanxi. Namun ketika menggali, tiba-tiba mereka menemukan patung-patung tentara dengan ukuran manusia. Bukan satu atau dua patung saja, melainkan lebih dari 8 ribu patung! Penemuan bagus ini kemudian justru membuka cerita kelam berabad lampau...


Ditemukannya Patung-Patung Tentara Terakota

Hari itu tanggal 29 Maret 1974, sekelompok petani yang mulai putus asa akan kekeringan yang melanda wilayah mereka, berinisiatif untuk menggali sumur air. Sumur air itu terletak di Xi'an, Lintong District, Provinsi Shaanxi. Kota Xi'an berjarak sekitar 1500 km dari kota Shanghai dan juga merupakan ibu kota pertama China.

Tempat ditemukannya patung-patung Terakota

Wilayah Xi'an sendiri telah berdiri semenjak era ke 2 sebelum masehi. Selama masa-masa tersebut, wilayah ini berada di bawah kekuasaan kaisar yang telah berganti-ganti. Kaisar-kaisar yang pernah berkuasa yaitu Kaisar Zhou, Kaisar Han, Kaisar Qin, dan Kaisar Tang yang berkuasa sampai era ke 12.

Penggalian kemudian dilakukan oleh para petani. Namun ketika menggali itu, mereka menemukan patung-patung berpakaian tentara yang berukuran sebesar manusia. Tak tanggung-tanggung jumlah patung-patung tersebut mencapai lebih dari 8 ribu. Patung-patung ini kemudian dikenal dengan nama Patung Tentara Terakota. Terakota sendiri berasal dari Bahasa Italia yaitu "terra-cotta" yang berarti tanah.

Yang menarik dari patung-patung tersebut bukan hanya jumlah yang luar biasa besar tetapi juga wajah-wajah patung tersebut tidak ada yang sama. Semuanya berbeda seolah dibuat memang seolah-olah dengan aslinya. Jika diperhatikan patung-patung tersebut berpakaian perang dengan detail yang berbeda sesuai dengan kedudukan dan jabatan yang dimiliki.

Wajah-wajah Patung Tentara Terakota tak ada yang sama satu sama lainnya

Selain ditemukan patung-patung seukuran manusia, penemuan ini juga berhasil menemukan kuda-kuda yang seukuran dengan kuda asli.

Selain patung Terakota, patung-patung kuda juga ditemukan

Obsesi Aneh Kaisar Qin Shi Huang

Penemuan ribuan patung Terakota di Xi'an kemudian membuka pertanyaan besar, untuk tujuan apa patung-patung tersebut dibuat? Kemudian cerita di balik dinasti yang memerintahkan pembangunan luar biasa ini pun terbongkar. Sebuah cerita kelam dari Dinasti Qin.

Saat itu, Xi'an berada di bawah kekuasaan Kaisar Qin Shi Huang. Kaisar ini begitu termasyur. Bukan alasannya keberhasilannya membangun negeri, namun alasannya kekejamannya. Saat itu tahun 246 SM, Qin Shi Huang yang gres berusia 13 tahun telah menduduki singgasana kaisar. Kaisar Qin terkenal begitu takut akan maut dan begitu terobsesi hidup abadi muda.

Kaisar Qin Shi Huang

Oleh alasannya itu, ia mengutus ribuan orang untuk mencari obat-obatan herbal untuk memenuhi obsesi gilanya. Bahkan begitu takutnya akan kematian, ia yang ketika itu masih berusia 13 tahun memerintahkan untuk membagun makam ukuran raksasa yang bisa menampung ribuan patung prajurit dengan jabatan mulai dari jendral besar sampai prajurit bawah lengkap dengan kuda-kuda. Ia percaya, patung-patung tersebut akan hidup dan menemaninya di kehidupan selanjutnya.

Berdasarkan dokumen dan keterangan dari Record of The Grand Historian yang dikemukakan oleh sejarawan China, Sima Qian, pembangunan patung terakota ini memakan waktu 36 tahun dengan melibatkan lebih dari 700.000 seniman. Proyek pembangunan patung Terakota ini disebut-sebut juga merupakan proyek terbesar kedua di China setelah Tembok Besar China (The Great Wall of China).

Kisah kelam dari pembangunan patung Terakota ini pun terkuak. Saat pembangunan akan usai, kaisar memerintahkan untuk menutup semua pintu keluar pemakaman tersebut. Hal mengerikannya yaitu ribuan pekerja terkurung hidup-hidup di daerah tersebut. Konon hal ini dilakukan oleh sang Kisar biar lokasi makam tersebut tetap diam-diam dan tak terbongkar. Untuk mengelabui orang-orang akan lokasi tersebut, maka dibuatlah gundukan tanah berumput di atasnya yang ibarat bukit-bukit.


Patung-Patung Terakota Saat Ini

Sejak ditemukan pada tahun 1974, proses penggalian dan pengerjaan masih terus dilakukan. Untuk ribuan patung Terakota tersebut bahkan diharapkan beberapa tim arkeolog dari China dan Inggris untuk tetap menjaga patung-patung tersebut tetap dalam kondisi baik, mengingat patung-patung tersebut yang telah berusia ribuan tahun.

Seluruh patung mengenakan pakaian jirah perang lengkap dengan pedang besinya. Beberapa kuda juga ditemukan berlapis emas, perak, serta tembaga. Temuan-temuan ini tentunya membutuhkan tim forensik handal dan juga perawatan yang luar biasa.

Proses restorasi patung Terakota

Namun di balik penemuan luar biasa yang bahkan telah masuk menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO ini, tidak dirasakan masyarakat Xi'an. Mereka mengaku semenjak ditemukannya patung-patung tersebut, orang-orang berbondong-bondong datang ke desa mereka untuk melaksanakan penggalian yang berakibat tergusurnya petani-petani di wilayah tersebut. Desa yang dulu hijau kini menjelma makam terakota raksasa.


loading...