Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Legenda Mothman dan Kutukan Cornstalk




Sesosok makhluk misterius berwarna abu-abu muncul di West Virginia pada tahun 1966. Puluhan saksi bahkan dilaporkan telah melihat penampakan makhluk bersayap ini. Begitu terkenalnya makhluk ini bahkan hingga melegenda. Makhluk ini dikenal dengan sebutan Mothman atau insan ngengat.


Legenda Mothman

Mothman atau insan ngengat yaitu sesosok makhluk kriptid yang seringkali digambarkan sebagai sosok bersayap dengan ukuran setinggi badan manusia. Nama Mothman sendiri diambil dari nama tokoh antagonis dalam komik Batman.

Kemunculan Mothman pertama kali dilaporkan terjadi pada tanggal 12 November 1966 di sebuah pemakaman lokal di kawasan West Virginia. Kemunculan pertamanya ini dilihat oleh lima orang yang dikala itu sedang berada di sana untuk mengurus proses pemakaman.

Sejak pertama kali dilaporkan itulah, muncul laporan-laporan penampakan yang lainnya. Salah satu kemunculannya yang cukup terkenal terjadi 3 hari setelah kemunculan pertamanya yaitu tanggal 15 November 1966. Saat itu 4 orang yang merupakan pasangan suami istri, David dan Linda Scarberry serta Steve dan Mary Mallette sedang berjalan-jalan menggunakan kendaraan beroda empat Scarberry. Saat melewati pabrik TNT yang terletak di Virginia Barat itu mereka tiba-tiba melihat sosok makhluk misterius di bersahabat pabrik.

Ilustrasi kemunculan Mothman 

Menurut pengesahan mereka, makhluk tersebut memiliki tinggi sekitar 180 cm dengan sepasang mata merah menyala. Di balik punggungnya juga ternyata terdapat sepasang sayap. Makhluk tersebut menghilang di kegelapan malam setelah sebelumnya mereka sempat dikejar makhluk tersebut hingga ke perbatasan wilayah Point Pleasant. Begitu terkenalnya dongeng kemunculan Mothman ini hingga pemerintah setempat membuat Patung Mothman di Point Pleasant.

Patung Mothman di Point Pleasant
Hingga beberapa tahun kemudian, kemunculan Mothman masih banyak dilaporkan, sedikitnya terdapat hingga 100 laporan yang masuk. Uniknya laporan kemunculannya bukan hanya datang dari warga biasa namun juga beberapa dari tokoh masyarakat dan petugas kepolisian sendiri. Penampakan Mothman pun meluas bukan hanya di wilayah Point Pleasant tapi juga hingga ke wilayah Kentucky, Ohio, Lowell, St Albans, Salem, Galipolis, dan Maysville.

Masyarakat pun mulai menyebut makhluk misterius ini dengan sebutan Mothman atau insan ngengat. Hal ini mengingat makhluk ini terbang dan memiliki sayap serta mengeluarkan bunyi ibarat ngengat.


Runtuhnya Jembatan Silver (Silver Bridge)

Pada tanggal 15 Desember 1967, sebuah jembatan yang berada di Point Pleasant yang berjulukan Silver Bridge ambruk. Jembatan yang dibangun pada tahun 1928 ini terletak di atas sungai Ohio, menghubungkan Point Pleasant, Virginia Barat, dan Ohio. Insiden ambruknya jembatan ini telah menewaskan 46 orang.

Runtuhnya Silver Bridge

Malam hari sebelum ambruknya jembatan ini dilaporkan terlihat penampakan Mothman di atas jembatan yang diikuti pula dengan munculnya cahaya-cahaya gila di langit. Banyak yang meyakini bahwa runtuhnya jembatan Silver ada kaitannya dengan munculnya Mothman di atas jembatan tersebut. Namun anehnya setelah peristiwa itu, Mothman tidak pernah muncul lagi.

Kemunculan Mothman di Silver Bridge yang tertangkap kamera
Mary Hire, seorang reporter yang khusus meliput mengenai kejadian gila ini dikabarkan didatangi oleh 2 pria dengan pakaian rapi berdasi dan berkacamata. Kedatangan mereka yaitu untuk mengetahui mengenai munculnya cahaya-cahaya misterius di langit. Kuat dugaan jika dua orang pria itu yaitu Men In Black (MIB) yang ingin mengorek keterangan ihwal kemungkinan adanya UFO atau kedatangan makhluk ekstra terestrial.


Kutukan Chief Cornstalk

Kejadian-kejadian misterius di wilayah Point Pleasant pun kemudian banyak dipercaya masyarakat setempat sebagai kutukan dari Chief Cornstalk. Cornstalk yaitu kepala suku Indian Shawnee yang dikala itu memimpin wilayah yang sekarang yaitu Point Pleasant.


Pada tahun 1770an, Cornstalk bersama seluruh suku Indian lainnya diusir paksa oleh bangsa kulit putih ke wilayah Ohio. Bukan hanya itu saja, tak lama setelah pengusiran, Cornstalk dikhianati. Ia dan keluarganya beserta kaum Indian lainnya dibunuh. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Cornstalk mengucapkan sebuah kutukan yang diduga sebagai Mothman yang muncul di Point Pleasant, West Virginia.


loading...