Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Perkumpulan Rahasia The Nine Unknown Men




Dahulu kala di India, di bawah kekuasaan Raja Ashoka dibentuklah perkumpulan belakang layar yang terdiri dari sembilan orang pria. Perkumpulan ini menyebarkan ilmu pengetahuan berbeda yang mensugesti peradaban sampai perpolitikan yang konon masih terus ada sampai hari ini. Perkumpulan belakang layar tertua di dunia ini dikenal juga dengan The Nine Unknown Men (Sembilan Pria Tak DiKenal).

Kita mungkin sudah pernah mendengar istilah Secret Societies atau perkumpulan belakang layar yang cukup terkenal di dunia. Nama-nama menyerupai Iluminati atau Freemason sudah begitu familiar bagi kita. Tapi pernahkah kalian mendengar ihwal "The Nine Unknown Men"? 

The Nine Unknown Men yaitu perkumpulan belakang layar yang konon merupakan yang tertua di dunia. Perkumpulan ini dibentuk pada tahun 273 SM di bawah perintah Raja Ashoka yang ketika itu tengah berkuasa. Awalnya dongeng mengenai perkumpulan belakang layar ini hanya menyebar secara turun temurun. Namun pada era ke 19, keluarlah sebuah buku yang berjudul "Morning of The Magicians" oleh Jacques Bergier dan Louis Pauwles yang mengisahkan mengenai perkumpulan ini yang kemudian semakin meluas dan dikenal dunia.


Awal Mula Dibentuknya The Nine Unknown Men

Chandragupta Maurya merupakan pendiri dinasti Maurya yang juga merupakan pimpinan militer dan dianggap sebagai pendiri dinasti pertama di India. Di bawah kekuasaanya ia berhasil menaklukkan hampir seluruh wilayah India.

Chandragupta Maurya memiliki seorang cucu yang konon akan menjadi raja paling besar lengan berkuasa dan juga terkenal dalam sejarah India. Namanya Ashoka. Ashoka sudah sedari muda telah menawarkan kemampuan yang mumpuni dalam bidang militer dan kepemimpinan. Ia digadang-gadang akan mewarisi tampuk pimpinan tertinggi di India.

Maka benarlah, ketika ia diangkat menjadi raja, ambisi untuk meneruskan kekuasaan dan pengaruh dari dinastinya begitu besar. Ia ingin mengikuti jejak leluhurnya untuk memperluas wilayah kerajaan. Maka di bawah pimpinannya ia berperang melawan kerajaan Kalinga yang ketika itu masih belum masuk ke dalam wilayah kekuasaan dinasti Maurya.

Ilustrasi perperangan Raja Ashoka melawan Kerajaan Kalinga

Peperangan pun tak dapat dielakkan. Kerajaan Kalinga kalah dan peperangan berdarah tersebut telah mengorbankan nyawa labih dari 100 ribu pasukan dari Kalinga. Walaupun ketika itu Raja Ashoka berada pada pihak yang menang, namun ia merasa amat bersalah akhir peperangan tersebut. Apalagi ketika itu, menurut dongeng Raja Ashoka telah menjadi pengikut setia aliran Budha. Maka Raja Ashoka pun bertaubat dan berjanji tak akan melaksanakan perluasan wilayah dengan cara kekerasan. 

Raja Ashoka kemudian memanggil 9 orang pria. Identitas kesembilan pria ini ditutup rapat-rapat. Konon hanya segelintir orang dalam saja yang mengetahuinya. Sembilan orang ini kemudian diberikan peran untuk mengumpulkan pengetahuan ilmiah dan masing-masing diberikan buku dengan pengetahuan yang berbeda-beda di dalamnya. Kesembilan pengetahuan ini kemudian diperintahkan untuk dikembangkan. Dan apabila ada salah satu dari anggota yang meninggal dunia maka buku dan pengetahuan di dalamnya harus dilanjutkan oleh orang yang telah dipilih. Oleh alasannya yaitu itulah, spekulasi muncul bahwa konon anggota dari The Nine Unknown men masih ada sampai hari ini.

Ilustrasi Raja Ashoka menugaskan The Nine Unknown Men

Sementara itu, sembilan buku yang dipegang oleh anggota The Nine Unknown Men tersebut yaitu : Perang Propaganda dan Psikologi; Fisiologi; Mikrobiologi; Alchemist; Gravitasi; Komunikasi; Cosmologi; Hubungan Sosial; dan Cahaya.

Rahasia-rahasia dalam buku tersebut konon masih dijaga ketat oleh pemegangnya sampai hari ini. Meskipun dongeng mengenai perkumpulan belakang layar The Nine Unknown Men ini banyak yang menyangsikannya, namun tidak sedikit pula yang percaya. Salah satu bukti yang dipercaya bahwa The Nine Unknown Men memang ada yaitu ditemukannya pilar berusia ribuan tahun di India yang tidak berkarat. Konon tidak berkaratnya pilar renta tersebut alasannya yaitu menggunakan pengetahuan yang dikembangkan oleh salah satu dari The Nine Unknown Men.


Orang-Orang Yang Diduga Anggota The Nine Unknown Men

Sejak dongeng dalam buku "Morning of The Magicians" menyebar, banyak yang menebak-nebak siapakah orang-orang yang menjadi anggota The Nine Unknown Men. Jagdish Chandra Bose yaitu salah satu orang yang diduga yaitu salah satu dari sembilan pria yang pernah menerima buku pengetahuan itu dan menyebarkan ilmu pengetahuan yang ada di dalamnya.

Jagdish Chandra Bose
Jagdish Chandra Bose (1858-1937) yaitu seorang ilmuwan asal Bengala, India. Ia merupakan fisikawan, jago biologi, arkeologi, dan botani yang amat terkenal di India. Penemuannya banyak mensugesti perkembangan ilmu pengetahuan di sana.

Selain Bose, Vikram Sarabhai (1919-1971) juga diduga yaitu salah satu anggota dari perkumpulan belakang layar ini. Vikram Sarabhai yaitu penemu dan ilmuwan terkenal asal India. Ia bahkan dinobatkan sebagai Bapak jadwal ruang angkasa India alasannya yaitu kontribusinya pada peristisan jadwal rudal dan luar angkasa.

Vikram Sarabhai
Selain kedua orang di atas, ternyata ada juga orang di luar India yang diduga pernah menjadi anggota The Nine Unknown Men atau setidaknya pernah menerima petunjuk dari dalam buku yang disimpan oleh anggota perkumpulan belakang layar ini. Orang-orang tersebut antara lain yaitu Paul Silvester II dan Alexander Emile John Yersin.

Paul Silvester II yaitu seorang rohaniawan yang kemudian diangkat menjadi Paus. Pada sekitar tahun 920, ia pergi mengunjugi India dan konon menerima banyak pengetahuan belakang layar dan benda-benda ajaib. Salah satunya yaitu sebuah kepala perunggu yang menyerupai model mesin binari modern. Namun setelah ia meninggal dunia, kepala perunggu itu juga ikut menghilang.

Sementara itu, Alexander Emile John Yesin pada tahun 1890 mengunjungi Madras. Di sana ia diduga menerima petunjuk dari The Nine Unknown Men untuk membuat serum kolera untuk menyelamatkan penduduk desa yang ketika itu terserang kolera dan menyebar luas sampai ke seluruh desa. 

Namun menyerupai perkumpulan belakang layar lainnya, The Nine Unknown Men juga tidak dapat dipastikan kejelasan dan kebenarannya. Apakah perkumpulan ini benar-banra ada ataukah hanya legenda belaka yang diciptakan? Entahlah...



loading...