Sejarah Nama Hot Dog

PENGETAHUAN - Hot Dog yaitu sejenis sosis yang dimasak atau diasapi dan memiliki tekstur yang halus serta rasa yang lembut dan berair daripada pada kebanyakan sosis lainnya. Biasanya hot dog dimakan bersama roti lunak (bun) yang memiliki bentuk yang sama ibarat sosis, dan kadang disertai bumbu dan topping untuk mempercantik tampilan.

Hot Dog

Hot dog dipopulerkan pertama kali pada tahun 1852 di Amerika Serikat. Tidak ibarat sosis lainnya yang memiliki bentuk lebih besar, sosis dari hot dog dibuat lebih tipis. Sarungnya dibuat tembus pandang dengan isian daging cincang dan banyak sekali campurang rempah-rempah. Bentuknya yang panjang ini ibarat anjing tekel. Ide dari bentuk ini dianjurkan oleh seorang pembuat sosis yang memang mempunyai hewan peliharaan anjing tekel. Sosis untuk hot dog yaitu sosis frankfurter yang berasal dari Jerman. Meskipun sosis frankfurter berasal dari Jerman, hot dog dipopulerkar dan dihasilkan di Amerika Serikat.

Semakin lama sosis ini sudah dikenal banyak orang, dan pada suatu ketika ada penjual pie yang tidak menerima banyak pelanggan alasannya pie yang dijual dalam keadaan dingin. Dan balasannya para penjual pie tersebut beralih menjual hot dog.

Hot Dog
Stand penjual hot dog pada tahun 1906 di Amerika Serikat

Cara pembuatan hot dog yaitu dengan cara menjepit sosis pada sepotong kudapan manis dan diberi saos serta asinan kol supaya menjadi lebih nikmat. Karena masyarakat Frankfurt pada ketika itu suka dengan makanan yang panas balasannya hot dog cukup dengan memanaskan pada wajan pemanggang kecil dan hot dog siap untuk dimakan.

Feltman, nama dari pedagang itu merasa bahwa pembuatan hot dog yang beliau buat yaitu wangsit jenius dan bahkan penjualannya sangat laris dan banyak orang yang membeli hot dog masakannya tersebut. Feltman juga berhasil membuat restaurant yang diberi nama Feltman German Beer Garden. Nama restaurant itu semakin dikenal dan hot dog juga menjadi kuliner yang mendunia.