Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Kisah Mengerikan Di Balik Dongeng Anak-Anak Terkenal




Dongeng-dongeng terkenal di dunia dari kisah Cinderella sampai Sleeping Beauty menyampaikan kisah yang hampir sama persis. Dimulai dari gadis cantik baik hati yang menerima kemalangan dan kesudahannya dapat hidup bahagia dengan pangeran ganteng untuk selama-lamanya.

Selama bertahun-tahun bawah umur disuguhkan dengan cerita-cerita yang menyampaikan pesan bahwa kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan. Kira-kira ibarat itulah pesannya. Namun siapa yang dapat menyangka bahwa di balik kisah dongeng-dongeng terkenal yang kemudian kebanyakan diubahsuaikan oleh perusahaan animasi ternama dunia, Disney ini menyimpan kisah kelam nan mengerikan. Berikut ialah 7 kisah mengerikan di balik dongeng bawah umur terkenal di dunia.


1.  Si Kerudung  Merah (Red Riding Hood)


Si Kerudung Merah (Red Riding Hood) ialah sebuah dongeng yang berasal dari Eropa, tepatnya Perancis. Dongeng ini berkisah ihwal seorang gadis yang memakai kerudung merah dan seekor serigala besar yang jahat. 

Diceritakan bahwa gadis berkerudung merah melewati hutan untuk menjengung neneknya yang sedang sakit. Meskipun kisah ini telah mengalami banyak perubahan namun yang paling terkenal ialah kisah yang dibuat Grimm Brothers ini.

Sementara itu, ada sebuah kisah Si Kerudung Merah yang dianggap merupakan kisah asli. Kisah asli ini ditulis pada tahun 1697 oleh Charles Perrault. Namun berbeda dengan kisah yang ditulis oleh Grimm Brothers di mana Si Kerudung Merah dan neneknya pada kesudahannya dikisahkan selamat dari kejahatan sang serigala, pada kisah versi Charles Perrault justru sebaliknya. 

Diceritakan bahwa setelah sang serigala berhasil membunuh nenek Si Kerudung Merah, serigala jahat tersebut kemudian menghidangkan daging sang nenek dan darahnya sebagai minuman untuk kemudian disantap Si Kerudung Merah. Sementara itu sang serigala menyamar menjadi sang nenek. Setelah menyantap hidangan yang diberikan sang serigala, Si Kerudung Merah kemudian juga dibunuh oleh serigala.


2. Pangeran Kodok (The Frog Prince)


The Frog Prince merupakan salah satu karya terkenal karangan Grimm Brothers. Dikisahkan bahwa ada seorang putri cantik nan baik hati yang mencium seekor kodok kemudian kodok tersebut menjelma seorang pangeran tampan. 

Versi asli dari kisah ini menyebutkan bahwa sang putri dan sang kodok membuat sebuah perjanjian. Namun alasannya ialah sang kodok ingkar pada janjinya maka putri tadi melemparkan sang kodok ke dinding dan mengubahnya menjadi manusia. Makara tidak ada kisah mengenai putri yang mencium kodok.

Sementara itu, versi lain yang lebih sadis menyebutkan bahwa dikarenakan telah ditipu oleh sang kodok, sang putri yang marah besar kemudian memenggal kepala kodok tersebut sampai mati.


3. The Little Mermaid


The Little Mermaid merupakan sebuah dongeng populer karangan Hans Christian Anderson pada tahun 1837. Dikisahkan ihwal seorang putri duyung yang memiliki bunyi indah. Putri duyung ini kemudian menukar bunyi indahnya demi memiliki sepasang kaki layaknya manusia. Ia melaksanakan ini demi seorang pangeran yang dicintainya, meskipun harus mencicipi sakit yang amat sangat setiap kali kakinya melangkah.

Ia menari dengan indahnya di istana sang pangeran. Namun sayangnya sang pangeran justru memilih wanita lain. Putri duyung pun amat kecewa. Ia lalu menceburkan dirinya ke lautan dan menjelma buih di samudera luas.


4. Pide Piper of Hamelin


Dikisahkan ada sebuah desa yang dipenuhi oleh tikus-tikus. Warga desa yang merasa bingung dan terganggu kesudahannya memanggil seseorang untuk mengusir tikus-tikus tersebut. Orang tersebut ialah seorang pria yang memakai pakaian warna-warni dengan seruling di tangannya. Pria ini kemudian mulai meniup seruling tersebut dan kesudahannya berhasil mengeluarkan tikus-tikus tersebut dari desa.

Namun ternyata ada kisah mengerikan terselip. Menurut cerita, warga desa enggan membayar sang peniup seruling yang telah mengusir tikus-tikus keluar dari desa. Untuk membalasnya, Pide Piper kemudian meniup serulingnya dan membawa bawah umur ke sungai dan menenggelamkan 130 anak. Menurut kisah hanya ada seorang anak yang selamat alasannya ialah kelelahan mengikuti Pide Piper di perjalanan.


5. Cinderella


Cinderella merupakan salah satu kisah dongeng paling terkenal di dunia. Kisahnya sendiri sepertinya telah banyak yang mengetahuinya yaitu ihwal seorang gadis baik hati berjulukan Cinderella yang tinggal bersama ibu tiri dan dua orang saudara tirinya berjulukan Anastasia dan Drizella. 

Pada umumnya kisah Cinderella menceritakan bagaimana Cinderella yang baik hati kemudian bertemu dengan seorang pangeran ganteng lewat sebuah program pesta dansa. Pada tengah malam Cinderella pergi terburu-buru sehingga meninggalkan sebelah sepatu kacanya. Sang pangeran lantas mencari pemilik sepatu tersebut ke pelosok negeri. 

Singkat kisah Cinderella kemudian ditemukan oleh pangeran setelah sebelumnya ibu tiri dan dua saudara tirinya mencoba untuk mengelabui sang pangeran. Cerita pun ditutup dengan Cinderella yang kemudian memaafkan ibu dan saudara tirinya dan kemudian ia hidup bahagia bersama dengan sang pangeran selama-lamanya.

Namun ternyata ada sebuah kisah mengerikan yang dipercaya merupakan versi asli dari kisah ini. Dikisahkan bahwa saat mencoba memakai sepatu yang ditawarkan pangeran, kedua saudara tiri Cinderella rela memotong kakinya semoga pas dengan ukuran sepatu tersebut. Malangnya, bukan hanya harus memotong kaki mereka saja, mata kedua saudara tiri Cinderella juga dipatuk oleh burung yang mengakibatkan mereka buta dan menjadi pengemis sampai simpulan hayatnya.


6. Sleeping Beauty


Kisah Sleeping Beauty yang sering kita dengar dan baca umumnya bercerita mengenai seorang putri yang dikutuk tertidur dalam waktu yang lama. Pada kesudahannya suatu hari seorang pria ganteng menciumnya sehingga ia tersadar. Sang putri dan pria tadi kemudian menikah dan hidup bahagia selama-lamanya.

Kisah Sleeping Beauty ternyata dikarang oleh seorang penyair Italia berjulukan Giambattista Basile dan dipublikasikan pertama kali tahun 1634. Dikisahkan ada seorang putri kerajaan yang tertusuk jarum yang menyebabkannya tertidur. Namun putri itu mengalami tidur yang lama dan panjang sehingga membuat sang raja khawatir dan bersedih akan nasib putrinya.

Pada suatu hari seorang cowok masuk ke dalam istana dan menemukan putri tidur tersebut di dalam salah satu kamar di kerajaan. Pemuda tadi kemudian memperkosa sang putri yang kesudahannya melahirkan anak kembar 9 bulan kemudian. Anaknya ini kemudian menyedot jari putri yang ternyata mengeluarkan jarum yang menyebabkannya ia dikutuk tertidur dalam waktu yang lama. Saat itulah sang putri terbangun dan menyadari dirinya telah melahirkan dua orang anak kembar.


7. Hensel dan Gretel


Kisah Hensel dan Gretel yang cukup populer dikenang sebagai kisah perjuangan anak-anak. Diceritakan bahwa Hensel dan Gretel ialah kakak beradik yang dibuang oleh orang tuanya. Dengan menggunakan remah-remah roti, mereka kemudian membuat jejak ke dalam hutan. Namun malangnya, remah-remah roti tersebut dimakan oleh burung-burung sehingga mereka tidak dapat kembali ke rumah.

Di tengah hutan mereka kemudian menemukan sebuah rumah permen. Ternyata pemilik rumah permen tersebut tak lain ialah seorang penyihir jahat. Namun berkat kegigihan dan budi mereka, mereka bisa kelur dari hutan tersebut dan berhasil selamat.

Kisah Hensel dan Gretel yang asli konon ditujukan untuk pembaca remaja dan mirisnya lagi mengangkat tema ihwal kanibalisme. Menurut kisah aslinya, orang bau tanah bawah umur ini senang menyiksa mereka. Mereka pun kabur ke hutan. Namun malangnya di hutan mereka justru bertemu dengan seorang kanibal yang kesudahannya membunuh dan memakan daging mereka.



loading...