Cara Merawat Sepatu Berbahan Suede

FASHION - Sepatu berbahan suede yakni sepatu yang terbuat dari materi beludru yang sangat lembut saat digunakan. Berbagai jenis model sepatu berbahan suede banyak diminati alasannya yakni bahannya yang lembut membawa kesan elegant dan stylish bagi yang memakainya.

Berbeda dengan sepatu lainnya, sepatu berbahan suede ini memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam perawatannya. Jika salah dalam perawatannya sepatu suede akan kusam dan rusak. Karena materi suede merupakan tipe kulit yang memiliki pori-pori yang besar dan tidak memiliki "coat protection" yang dapat melindungi kulit dari debu, cahaya, dan noda. Itulah mengapa suede sering dinamakan Nude/Naked Leather.

Agar tidak salah dalam merawat sepatu berbahan suede ada beberapa cara yang mampu dilakukan untuk merawat sepatu tersebut. Berikut ada beberapa cara untuk merawat sepatu berbahan suede:

Semprot dengan Suede Protector

Cara Merawat Sepatu  

Pertama kali membeli sepatu suede, jangan lupa untuk membeli Suede Protector, semprotkan merata pada sepatu biar sepatu terlindung dari abu dan kotoran. Biasanya tersedia di toko-toko alat rumah tangga, harganya sekitar Rp 30.000 – Rp 100.000.

Bersihkan dengan Karet Penghapus 

Cara Merawat Sepatu  

Jika abu terlanjur menempel, mampu menggunakan karet penghapus untuk menghilangkan abu yang menempel. Gosok secara merata dan searah serta jangan diberi tekanan yang terlalu kuat. Cara ini yang biasa digunakan untuk membersihkan noda-noda yang ringan atau baru. Gunakan karet penghapus yang berbahan lembut.

Gunakan Suede Cleaner

Cara Merawat Sepatu

Jika ingin lebih praktis semprotkan saja suede cleaner dan sikatlah adegan yang disemprot. Untuk mengetes apakah suede cleaner yang akan dipakai efektif atau tidak, cobalah terlebih dahulu semprotkan sedikit pada spot-spot yang tidak terlihat, jikalau memuaskan teruskan pemakaian Suede Cleaner tersebut.

Gunakan Sikat Khusus

Cara Merawat Sepatu  

Gunakan sikat khusus suede untuk membersihkan. Sikat khusus dapat mengangkat kotoran yang terlanjut meresap ke permukaan suede dan menjaga bulu-bulu suede biar tetap halus dan tidak kering.

Cuci Sepatu

Cara Merawat Sepatu

Cara mencuci materi sepatu ini cukup basahi sepatu dengan sedikit air menggunakan kuas cat, lalu gunakan kain untuk menyerap air dan diamkan semalam. Esoknya, mampu gunakan sikat materi khusus suede untuk membersihkan sisa kotoran yang masih tertinggal.

Semprot dengan Suede Colour Restoration Sprayer

Cara Merawat Sepatu  

Jika memiliki budget lebih, sekarang sudah ada beberapa produk yang menyampaikan sprayer untuk suede yang warnanya sudah kusam dan memudar biar terlihat indah dan segar kembali.


Agar sepatu berbahan suede mampu tahan lama, bijaklah dalam memakai sepatu suede. Sebelum bepergian, perkirakan kemana dan aktifitas apa yang akan dijalani. Jika tidak memungkinkan memakai sepatu suede, pakailah sepatu berbahan selain suede. Cuaca pun harus menjadi pertimbangan. Dan jangan lupa masukkan silica gel pada kotak sepatu dan kamper biar kelembaban dan baunya terjaga, juga mencegah jamur dan serangga masuk ke dalam sepatu.