Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Fenomena Suara Misterius The Hum




Pada tahun 1990an, warga yang tinggal di bersahabat Taos, New Mexico mulai mengeluhkan mengenai bunyi misterius yang mereka dengar. Suara ini dapat terdengar oleh sebagian orang dengan keadaan daerah dan kesunyian tertentu. Namun ternyata sekitar tahun 1970an dan 1980an laporan serupa juga didapati dari belahan bumi lain mengenai bunyi misterius ini. Suara ini dikenal juga dengan The Hum atau The Taos Hum.

The Hum atau The Taos Hum ialah suatu fenomena misterius di mana terdengar bunyi dengan frekuensi tertentu sehingga hanya dapat didengar dikala keadaan sunyi dan juga daerah tertentu. Frekuensi bunyi yang dihasilkan "the hum" ini memiliki frekuensi amat rendah sehingga tidak semua orang dapat menangkap suaranya.

Disebut The Taos Hum alasannya ialah fenomena bunyi misterius tersebut terjadi di Taos, New Mexico. Sedangkan ada pula yang terjadi di Bristol sehingga penyebutannya menjadi The Bristol Hum. Namun sebutan universalnya ialah The Hum.

The Hum sendiri mulai menarik perhatian dunia pada dikala banyaknya laporan masuk oleh warga yang tinggal di sekitar Taos, New Mexico. Warga di sana mengeluhkan adanya bunyi misterius yang terdengar menyerupai berasal dari perut bumi yang terus menerus terdengar. Mulai dikala itulah bunyi misterius ini dikenal dengan nama The Taos Hum.

Fenomena alam misterius ini sebetulnya telah lebih dulu dirasakan oleh masyarakat di Britania Raya dan Selandia Baru pada tahun 1970an-1980an. Suara The Hum sendiri dideskripsikan menyerupai bunyi dengkuran atau dengungan dan termasuk dalam jenis bunyi infrasonik. Dengan frekuensi hanya sekitar 10 Hertz sedangkan pendengaran insan normal ada di batas minimal 20 Hertz. Makara untuk dapat mendengarkannya pun, seseorang harus berada di lingkungan yang amat sunyi.



Telah aneka macam laporan mengenai fenomena The Hum. Di Inggris, misalnya telah ada ribuan laporan yang masuk mengenai fenomena bunyi misterius ini. Bahkan fenomena ini telah membuat seorang warganya memutuskan untuk bunuh diri alasannya ialah begitu terganggu dengan bunyi The Hum.

Meskipun telah ditemukan bertahun-tahun yang lalu, namun belum ada yang dapat memastikan bunyi apakah sebetulnya The Hum. Dari mana asal muasalnya. Penelitian terhadap fenomena ini telah menghasilkan beberapa teori dan kemungkinan yang menjelaskan mengenai asal muasal The Hum. 

Teori pertama yaitu pergeseran kutub bumi (pole shift). Menurut teori ini, bunyi the hum merupakan efek dari pergeseran medan magnet bumi. Pergeseran ini kemudian menghasilkan bunyi sub-sonik ganjil dari dasar kerak bumi. Namun bunyi tersebut tak dapat terdengar dengan jelas, sehingga hanya sebagian orang dan keadaan tertentu saja yang dapat menangkap bunyinya.

Pole Shift

Teori kedua yaitu bunyi alat berat. Menurut teori ini, penggunaan alat-alat berat oleh industri telah menyebabkan bunyi di sekitarnya. Contohnya saja peristiwa Bristol Hum yaitu bunyi dengungan yang terjadi di Bristol. Suara the hum diyakini berasal dari pabrik besar berjulukan Avonmouth yang terletak tak jauh dari bunyi dengungan terdengar. Sebagian besar bunyi the hum memang berasal dari kota-kota industri yang memiliki pabrik.

Teori ketiga yaitu Tinnitus yaitu indera pendengaran yang berdenging atau berdesir yang berasal dari dalam indera pendengaran atau kepala. Teori ini meyakini bahwa sebetulnya bunyi The Hum berasal dari indera pendengaran individu yang mendengarnya. Makara tidak ada sangkut pautnya dengan lingkungan luar. Meskipun penyakit ini bukanlah suatu penyakit serius namun cukup banyak orang di dunia yang menderita Tinnitus. Di Amerika saja ada 36 juta masyarakatnya yang menderita Tinnitus.

Gejala Tinnitus

Teori keempat yaitu UFO. Benda terbang tak dikenal yang dikenal sebagai UFO juga kemungkinan dapat menyebabkan timbulnya bunyi the hum. Beberapa peneliti UFO meyakini banyak orang yang mendengar suara-suara absurd di telingan dan kepala mereka. Berdengung tak berhenti. Meskipun tampaknya teori ini sangat lemah.


loading...