Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Kasus Penyebar Gas Gila dari Mattoon




Pada tahun 1944 selama 2 ahad lamanya, warga Mattoon, Illinois diteror. Teror tersebut berupa serangan gas misterius yang membuat korbannya pingsan dan tak sadarkan diri. Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kasus penyerangan ini, namun kasus ini menyita perhatian khusus alasannya tak ada satu pun orang yang bisa menangkap dan mengungkap identitas pelaku yang disebut "The Mad Gasser of Mattoon"

The Mad Gasser of Mattoon atau Penyebar Gas Gila dari Mattoon ialah sebutan untuk seorang penyebar gas misterius yang terjadi di Mattoon, Illinois, Amerika pada tahun 1944. Namun bahu-membahu pada awal tahun 1930an, terjadi peristiwa serupa di Batetourt, Virginia.

Serangan misterius yang menimpa warga tersebut hampir terjadi di malam hari atau menjelang pagi. Kejadian yang menimpa para korban selalu sama yaitu dikala mereka berada di dalam rumah. Tiba-tiba tercium amis manis yang gila yang menyebabkan para korban meras mual dan pusing. Gejala ini kemudian diikuti dengan lumpuhnya sendi-sendi badan yang menyebabkan korban kebanyakan berakhir pingsan dan tak sadarkan diri. Beberapa bahkan mengalami gejala sesak nafas sampai level yang cukup parah.

Korban pertama dari kasus penyerangan di Mattoon ini terjadi pada 31 Agustus 1944. Peristiwa ini terjadi di kediaman Mr. Raef di Grant Ave. Pagi-pagi buta, Mr. Raef terbangun alasannya mencium amis gila di rumahnya. Bau tersebut membuatnya mual dan muntah. Malangnya, istrinya yang juga mencium amis tersebut. Ia yang hendak memeriksa keadaan suaminya, ketika akan bangun dari kawasan tidur menyadari bahwa ia mencicipi lemas luar biasa pada tubuhnya dan tiba-tiba pingsan.

Mad Gasser of Mattoon
Uniknya terdapat laporan yang menyatakan bahwa ternyata hal yang sama juga menimpa tetangga sebelah rumah Mr. Raef yang juga mengalami hal serupa. Sementara itu, keesokan harinya pada tanggal 1 September 1944 penyerangan kembali terjadi.

Kali ini menimpa Mrs. Kearney. Pada pukul 11 malam, tiba-tiba dari dalam rumahnya ia mencium amis manis. Awalnya Mrs. Kearney menerka itu ialah amis dari bunga-bunga yang tumbuh di akrab jendela. Namun, tak lama kemudian ia mencicipi lemas di kakinya. Hal ini juga menimpa anak perempuannya. Mereka kemudian segera menghubungi kepolisian yang segera datang ke lokasi.

Setelah polisi meninggalkan rumah, suami Mrs Kearney, Bert Kearney, pulang setelah bekerja sebagai supir taksi. Saat itulah ia melihat seseorang tak dikenal menutup jendela rumahnya. Bert Kearney segera melaksanakan pengejaran. Meskipun tak berhasil menangkap pelaku, namun Bert menggambarkan pelaku penyebar gas tersebut sebagai seorang pria dengan postur tinggi mengenakan pakaian serba hitam dan juga sebuah topi.

Berita Penyebar Gas Gila dari Mattoon di sebuah surat kabar

Beberapa hari kemudian, yaitu pada tanggal 5 September ditemukan sebuah barang bukti. Bukti tersebut ialah sebuah pakaian berwarna putih yang ditemukan oleh Carl dan Beulah Cordes pada pukul 10 malam. Sepotong pakaian tersebut ditemukan tergeletak di beranda rumah mereka. Saat mencium pakaian tersebut, mereka mencium amis yang menyebabkan verbal dan tenggorokan mereka terasa terbakar diikuti dengan gejala mual dan muntah. Sama menyerupai korban lainnya, ia juga mengalami kelumpuhan pada persendian kakinya sampai tak bisa bergerak.

Selama berpuluh-puluh tahun semenjak peristiwa penyebar gas gila dari Matton ini terjadi, tidak ada satu pun orang yang bisa mengungkap identitas sang pelaku. Meskipun dikala itu, pihak kepolisian setempat bahkan menunjukkan hadiah berupa uang sebesar US$500 bagi siapa pun juga yang bisa menangkapnya.

Peristiwa misterius ini kemudian menyebabkan teori-teori yang berkembang mengenai siapa bahu-membahu pelaku penyebar gas dan apa motif di balik aksinya mengingat tidak adanya korban jiwa ataupun harta benda yang hilang.

Teori pertama dan juga paling terkenal menyatakan bahwa penyebar gas gila dari Matton hanyalah sebuah histeria massa. Mereka menyamakan kasus ini dengan kasus Phantom Barber of Pascagoula yang terjadi di Mississippi pada tahun 1942. Di mana sang pelaku juga tidak pernah dapat tertangkap dan teridentifikasi.

Teori lainnya percaya bahwa peristiwa penyebar gas gila dari Mattoon dilakukan oleh pihak Nazi terkait Perang Dunia II. Mereka percaya serangan tersebut merupakan adegan dari pengujian penggunaan materi kimia untuk penyerangan terhadap sipil. Entah teori mana yang benar, kasus penyebar gas gila dari Mattoon ini tetap menjadi misteri meskipun telah bertahun-tahun berlalu.


loading...