Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Makhluk Mitologi Paling Terkenal di Dunia




Makhluk mitologi ialah makhluk yang muncul dalam kisah-kisah mitologi atau legenda yang terdapat di suatu tempat. Meskipun belum dapat dibuktikan secara pasti mengenai keberadaannya, namun seringkali makhluk-makhluk ini dipercaya memang benar-benar ada. Makhluk mitologi biasanya digambarkan sebagai hewan menakjubkan atau makhluk setengah insan yang memiliki kekuatan supranatural yang dahsyat.

Berikut ini ialah 7 makhluk mitologi paling terkenal di dunia.

1. Naga



Naga ialah sebutan untuk makhluk mitologi yang berbentuk reptil raksasa. Biasanya naga berwujud seekor ular raksasa, atau dalam mitologi yang lain digambarkan sebagai kadal bersayap. Naga umumnya digambarkan sebagai makhluk sakti yang memiliki kekuatan melalui semburan api dari mulutnya.

Dalam aneka macam peradaban di dunia, nama-nama makhluk ini berbeda-beda. Misalnya di Inggris disebut Dragon, di China disebut Liong, dan di Skandinavia dikenal dengan sebutan Draken. Uniknya, di barat sosok makhluk ini digambarkan sebagai makhluk jahat yang cenderung merusak dan memiliki kekuatan dalam dunia kegelapan.

Sementara itu di Asia justru sebaliknya. Pada peradaban di Asia khususnya di China, naga dianggap sebagai makhluk yang suci dan agung layaknya dewa. Naga dianggap memiliki sifat baik dan juga dihormati. 


2. Unicorn



Unicorn ialah makhluk mitologi yang berbentuk ibarat kuda dengan bulu berwarna putih dan juga tanduk di dahi yang berbentuk spiral. 

Dalam aneka macam kisahnya, unicorn digambarkan sebagai hewan suci yang darahnya bisa menyembuhkan dan membuat hidup abadi. Mitologi unicorn pertama kali dikenal pada kebudayaan kuno India yang berusia lebih dari 2000 tahun. 

Pengaruh dan kisah mengenai mitologi unicorn ini meluas hingga ke Eropa pada periode pertengahan. Sejak ketika itu, unicorn telah menjadi seni dan juga simbol kebangsawanan. Menurut mitos yang beredar, unicorn hanya bisa ditaklukkan oleh perawan. Sehingga konon untuk menangkap unicorn orang-orag dahulu menggunakan perawan sebagai umpannya.


3. Werewolf



Werewolf ialah makhluk mitologi yang digambarkan sebagai insan setengah serigala. Dalam kisah mitologinya, werewolf akan berubah pada ketika bulan purnama. Pada ketika itu, kekuatannya akan berlipat ganda. Saat bulan purnama itulah, werewolf akan memburu mangsanya yaitu manusia. Konon insan yang tergigit olehnya akan menjadi werewolf pula.

Mitos mengenai werewolf berasal dari Eropa, walaupun terdapat pula mitologi yang hampir sama di negara lain misalnya Yunani. Dalam mitologi Yunani bahkan dpercaya ada sebuah suku yang memang merupakan jelmaan werewolf, suku ini disebut Neuri.

Saat ini mitos mengenai werewolf makin dikenal apalagi setelah munculnya hewan ini sebagai tokoh dalam film-film Hollywood.


4. Peri (Fairy)



Fairy atau yang biasa dikenal dalam bahasa Indonesia sebagai peri ialah sosok makhluk mungil bersayap. Mitologi peri ini berasal dari Jerman. Peri digambarkan tinggal di tempat-tempat yang alami mirip gunung, sungai, danau, telaga, dan mata air atau air terjun. Menurut cerita, konon peri ialah wujud dari ilahi kesuburan.

Kisah mengenai peri biasanya banyak ditemui pada dongeng, legenda, dan cerita-cerita fiksi Eropa. Dalam beberpa kisah, peri digambarkan sebagai makhluk berwujud wanita berambut panjang serta memiliki indera pendengaran panjang dan lancip.

Dalam perkembangannya, sosok peri terkadang digambarkan sebagai makhluk baik hati yang suka menolong manusia. Namun ada juga kisah yang menggambarkan makhluk ini memiliki kekuatan jahat yang mendorong insan untuk buruk.


5. Phoenix



Phoenix ialah makhluk mitologi berwujud burung yang memiliki bulu berwarna merah keemasan. Menurut kisah mitologi yang beredar, konon Phoenix dapat hidup hingga 500 tahun lamanya. Saat ia akan mati, ia akan aben dirinya. Abu bekas pembakarannya tersebut akan bermetamorfosis Phoenix baru.

Phoenix yang dapat melaksanakan reinkarnasi ini dipercaya dapat hidup selamanya. Maka ia dilambangkan sebagai keabadian. Phoenix sendiri menjadi simbol pemujaan terhadap ilahi matahari pada zaman Mesir kuno.


6. Mermaid



Mermaid atau putri duyung ialah sebuah makhluk mitologi yang digambarkan sebagai insan setengah ikan. Bagian kepala dan tubuhnya ibarat manusia, sementara bab bawah tubuhnya ibarat ikan. Mermaid sendiri merupakan sebutan untuk duyung betina, dan Merman untuk duyung jantan.

Mermaid menghuni lautan. Terkadang dalam beberapa kisahnya, ia sering menampakkan diri di pantai. Konon, ia sering duduk di pinggir pantai dan bernyanyi. Nayanyiannya yang mengagumkan akan membuat orang yang berjumpa dengannya terpesona hingga mati tenggelam.

Kisah mitologi wacana mermaid ini telah menyebar bukan hanya di Eropa saja, namun juga hingga Timur Tengah, Asia, bahkan di Afrika. Di Afrika sendiri, marmaid biasanya disebut Mami Wata yang dipercaya membawa keberuntungan dan dapat menyembuhkan orang yang sakit.

Meskipun makhluk ini dianggap sebagai dongeng legenda atau mitologi belaka, namun banyak kisah mengenai penampakannya selama berabad-abad. Dugong dan Manatee ialah makhluk yang memiliki banyak kesamaan dengan mermaid.


7. Pegasus



Pegasus merupakan sebuah mitologi yang berasal dari Yunani. Makhluk ini digambarkan sebagai kuda jantan bersayap. Dalam mitologi Yunani, pegasus dipercaya sebagai putra dari Poseidon dan Medusa. Konon kalau pegasus menghentakkan kakinya ke bumi, maka akan muncul mata air.

Dalam kisahnya, pegasus dipercaya menempati gunung Olympus. Ia bertugas melayani Zeus untuk dijadikan sebagai tunggangan. Namun tidak mirip makhluk mitologi lain yang dilambangkan hidup abadi, pegasus dipercaya telah mati. Konon, konstelasi bintang berbentuk pegasus di langit malam ialah jelmaan pegasus sebagai penghormatan Zeus atas pengabdiannya.


loading...