Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Fenomena Misterius Bunuh Diri Anjing di Overtoun Bridge




Overtoun Bridge (Jembatan Overtoun) mulai menarik perhatian dunia tatkala peristiwa misterius dan ganjil terus menerus terjadi di jembatan ini. Sejak beberapa dekade yang lalu, dilaporkan sebanyak 600 ekor anjing telah mencoba bunuh diri dengan cara terjun dari atas jembatan ini, pada sisi jembatan yang sama, dan juga situasi yang sama...

Jembatan Overtoun merupakan sebuah jembatan kuno yang terletak di Dumbarton, West Dunbartonshire, Skotlandia. Jembatan ini dirancang oleh H.E Milner dan selesai pada Juni 1895. Jembatan Overtoun berada di atas Sungai Clyde serta di tempat perbukitan akrab Desa Milton. Jembatan kuno ini memiliki ketinggian 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Overtoun Bridge masih berada dalam area yang sama dengan Overtoun House, yaitu sebuah rumah berbentuk kastil yang juga dimiliki oleh John Campbell White (Lord Overtoun). Dengan luas area lebih dari 360 hektar, tempat ini dulunya juga digunakan untuk tempat berlindung prajurit Skotlandia dikala Perang Dunia.

Overtoun House

Misteri Jembatan Overtoun

Sejak sekitar tahun 1950an atau 1960an dilaporkan telah terjadi beberapa peristiwa asing di Jembatan Overtoun. Dilaporkan telah terjadi sekitar 600 peristiwa percobaan bunuh diri di jembatan ini. Bukan bunuh diri pada manusia, namun pada anjing.

Anjing-anjing malang tersebut entah dengan alasan apa tiba-tiba melompat dari jembatan. Anehnya, semua kasus bunuh diri anjing-anjing tersebut dilakukan di episode sisi sebelah kanan jembatan. Hal misterius yang lainnya yaitu peristiwa bunuh diri tersebut selalu terjadi pada dikala cuaca cerah dan juga hanya menimpa anjing-anjing jenis tertentu saja, yaitu Collie, Retriever, dan Labrador yang semuanya memiliki ciri khas moncong panjang. 

Tanda Peringatan di Overtoun Bridge

Selain itu pula, anehnya beberapa anjing yang selamat dari agresi bunuh diri tersebut, dikabarkan kembali mengulangi agresi serupa melompati jembatan di sisi yang sama dikala dibawa ke atas jembatan.

Fenomena asing dan misterius ini kemudian dihubungkan dengan adanya pintu gerbang ke dunia lain yang berada di sisi jembatan, yang kemudian menjadikan aura negatif dan banyaknya agresi bunuh diri pada anjing-anjing tersebut. Namun benarkah demikian?


Menguak Misteri Overtoun Bridge

Cuaca Cerah di Overtoun Bridge

Peristiwa dan fenomena asing percobaan bunuh diri pada anjing-anjing ini kemudian menarik minat beberapa peneliti untuk mencoba menguak misteri Overtoun Bridge, salah satunya yaitu Dr. David Sands seorang andal perilaku hewan.

Dalam penelitiannya, Dr. David Sands melaksanakan pemeriksaan dan pengujian pada anjing-anjing dari sisi penglihatan serta penciuman. Namun kesudahannya penelitian berfokus pada penciuman anjing alasannya yaitu dari segi penglihatan, anjing-anjing tersebut dianggap mustahil melihat sesuatu yang asing di bawah jembatan mengingat adanya tembok yang membatasi penglihatan anjing-anjing tersebut.

Setelah dilakukan serangkaian uji coba dan penelitian mendalam, nampaknya Dr. David Sands telah menguak misteri yang menyebabkan anjing-anjing melompati jembatan Overtoun. Teori yang didapat ternyata sangatlah sederhana.

Diduga fenomena agresi bunuh diri anjing-anjing di Overtoun Bridge terjadi alasannya yaitu dipicu oleh penciuman yang mencium adanya aroma cerpelai. Cerpelai yaitu mamalia kecil seolah-olah musang yang bertubuh panjang dengan kaki yang ramping. 

Diduga terdapat peningkatan jumlah cerpelai di sekitar Overtoun Bridge yang kemudian aromanya membuat banyak anjing-anjing melompati jembatan tersebut.

Cerpelai

Diketahui bahwa ditemukan habitat cerpelai di pepohonan di sekitar jembatan sekitar 50 tahun yang lalu atau persis ketika peristiwa anjing bunuh diri pertama kali dilaporkan. Bahkan sebuah pengujian dilakukan dengan melibatkan 10 ekor anjing. Ketika diberikan aroma cerpelai sebanyak 8 ekor anjing pribadi melompati sisi jembatan yang ada aroma cerpelai, sementara itu 2 ekor anjing yang lainnya sama sekali tak merespon. 

Dr. David Sands kesudahannya menyimpulkan bahwa urine cerpelai jantan yang berada di sisi jembatan Overtoun telah memikat indera penciuman anjing sehingga anjing-anjing yang berada di atas jembatan tersebut pribadi melompati jembatan.

Meskipun teori ini yaitu teori yang paling masuk nalar dan dapat diterima, namun terdapat bantahan mengenai teori cerpelai ini. Seorang pemburu lokal berjulukan John Joyce yang telah tinggal di tempat akrab Overtoun Bridge selama hampir 50 tahun menegaskan bahwa ia sama sekali belum pernah bertemu dengan hewan cerpelai di sekitar jembatan.



loading...