Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Zodiac Killer




Pada final tahun 1960an, warga California Utara dikejutkan dengan kasus pembunuhan berantai. Meskipun telah banyak jatuh korban jiwa, tapi pihak kepolisian tidak bisa mengungkap siapa dalang dari pembunuhan serta motif yang mendasarinya. Bahkan sang pembunuh mencoba bermain teka-teki dengan mengirimkan surat berisi simbol-simbol kryptogram. Ia menyebut dirinya Zodiac Killer.


Kronologi Pembunuhan

Pada tanggal 20 Desember 1968, dua orang siswa sekolah menengah yaitu Betty Lou Jensen dan David Faraday gres saja akan pergi untuk menyaksikan konser natal di Hogan High School yang hanya berjarak 3 blok dari rumah Betty Lou Jensen. Namun di tengah perjalanan, pasangan muda-mudi ini singgah di Lake Herman Road. Malangnya, keesokan paginya mereka ditemukan telah menjadi mayat.

Betty Lou Jensen dan David Faraday ditembak seseorang tak dikenal. Anehnya, tidak ada barang yang hilang ataupun tindakan kriminal lainnya. Pihak kepolisian mengira kejadian penembakan terjadi pada malam hari sekitar pukul 11 malam.

Betty Lou Jensen dan David Farraday dan lokasi pembunuhan di Lake Herman Road

Setelah pembunuhan yang terjadi di Lake Herman Road ini, ternyata pembunuh kembali beraksi di daerah yang berbeda dengan target korban dengan karakteristik yang sama, yaitu pasangan muda-mudi.

Kasus pembunuhan yang kedua terjadi pada 4 Juli 1969 dengan korban Darlene Ferrin dan Michael Mageau di Blue Rock Spring Park di Vallejo yang hanya berjarak 4 mil dari lokasi pembunuhan yang pertama. 

Pada kasus pembunuhan yang kedua ini, sang pembunuh melakukannya dengan cara yang hampir sama dengan kasus yang pertama. Pada dikala pasangan muda-mudi ini memarkirkan kendaraannya, kemudian beberapa menit kemudian muncul sebuah kendaraan beroda empat yang parkir tak jauh dari kendaraan beroda empat korban. Setelah itu sang pembunuh akan turun dari kendaraan beroda empat dengan membawa senter dan juga senjata api. Setelah mengarahkan senter ke wajah korban, sang pembunuh eksklusif menembak para korbannya secara brutal.

Darlene Ferrin meninggal dunia akhir penembakan ini. Sementara itu sang kekasih, Michael Mageau berhasil selamat meskipun mendapat luka tembakan di leher serta bab dada.

Keesokan harinya tanggal 5 Juli 1969, seorang pria tak dikenal menelepon kepolisian Vallejo dan mengklaim dirinya bertanggung jawab atas penyerangan dan pembunuhan yang terjadi di Blue Rock Spring Park. Ia juga menyatakan bahwa dirinyalah yang telah melaksanakan pembunuhan di Lake Herman Road yang menimbulkan Betty Lou Jensen dan David Faraday tewas.

Pihak kepolisian eksklusif melaksanakan penelusuran terhadap penelepon tersebut. Sambungan telepon pun diperiksa dan dicek dari mana asal sang pembunuh tersebut melaksanakan kontak pada polisi. Setelah ditelusuri, ternyata sang pembunuh menelepon dari telepon umum yang terdapat di daerah pengisian bensin di wilayah Springs Road yang tak begitu jauh dari kantor polisi Vallejo.


Zodiac Killer dan Surat-Surat Misterius

Tanggal 1 Agustus 1969, tiga buah surat dari Zodiac Killer diterima masing-masing oleh kantor surat kabar setempat yaitu Vallejo Times Herald, The San Fransisco Examiner, dan San Fransisco Chronicle. 

Surat-surat ini berisikan klaim bahwa sang pengirim surat yakni orang yang bertanggung jawab pada peristiwa penembakan dan pembunuhan di Lake Herman Road dan Blue Rock Spring Park. Surat yang ditulis dengan goresan pena tangan ini, diawali dengan kalimat : "I am the killer of the two teenagers last Christmas at Lake Herman..".Namun sisanya surat-surat ini ditulis dalam 408 simbol kryptogram yang diklaim oleh sang pengirim merupakan identitas aslinya. 

Ketiga surat Zodiac Killer yang dikirimkan ke tiga kantor surat kabar 

Zodiac Killer meminta biar surat-suratnya tersebut dimuat pada halaman utama pada ketiga surat kabar tersebut. Jika hal tersebut tak dipenuhi, maka ia mengancam akan melaksanakan pembunuhan berikutnya. 

Beberapa hari kemudian tepatnya tanggal 7 Agustus 1969, sebuah surat hingga di kantor The San Fransisco Examiner. Pada bab awal surat tersebut, pembunuh berantai ini menyapa dengan : "Dear Editor, This is Zodiac speaking". Ini yakni pertama kalinya ia mengenalkan dirinya sebagai Zodiac yang kemudian menjadi nama yang dikenal untuk sang pembunuh berantai.

Surat Zodiac Killer

Pada suratnya kali ini, Zodiac Killer mengonfirmasi bahwa dirinyalah pembunuh dari Betty Lou Jensen, David Faraday, dan Darlene Ferrin yang sebelumnya sempat diragukan oleh Kepala Polisi Vallejo, Jack E. Stiltz. Zodiac Killer pertanda dengan mengungkap detail pembunuhan yang dilakukannya.

Keesokan harinya, tanggal 8 Agustus 1969, surat pertama Zodiac Killer yang berisikan simbol-simbol Kryptogram berhasil dipecahkan oleh guru sekolah berjulukan Donald dan dan istrinya Betty Harden. Pada suratnya ini tidak ditemukan adanya identitas, beberapa kata berisikan huruf-huruf salah eja.

Surat Zodiac Killer yang berhasil dipecahkan oleh Donald dan Betty Harden


Zodiac Killer Kembali Beraksi

Malam hari tanggal 27 September 1969 Zodiac Killer kembali melancarkan agresi pembunuhan. Kali ini pasangan muda-mudi Cecilia Shepherd dan Bryan Hartnell yang tengah bersantai di Lake Berryessa, Napa County, menjadi target sasaran pembunuhan Zodiac Killer.

Sketsa Zodiac Killer menggunakan penutup kepala dan baju berlambang circle-cross

Dengan menggunakan penutup kepala dan pakaian dengan simbol circle-cross, Zodiac Killer mengikat kedua orang ini dan dengan brutal mulai menikam mereka satu per satu. Sebelum pergi, ia meninggalkan goresan pena berisi pesan yang ditujukan pada polisi di pintu kendaraan beroda empat korban. Tak lupa ia juga menelepon Napa Police Department dan mengklaim perbuatannya, sama persis ibarat kasus pembunuhan sebelumnya.

Kedua korban sempat dilarikan ke rumah sakit setempat, namun sayang nyawa Cecilia Shepherd tak dapat diselamatkan. Sementara itu, Bryan Hartnell berhasil lolos dari ajal dan menceritakan kronologi kejadian dan ciri-ciri Zodiac Killer.

Dua ahad kemudian, terjadi penembakan pada seorang supir taksi berjulukan Paul Stine di San Fransisco. Awalnya polisi menganggap itu hanyalah sebuah perampokan dan sama sekali bukan agresi dari Zodiac Killer mengingat contoh pembunuhan dan korban yang sama sekali berbeda dari kasus-kasus sebelumnya.

Para korban Zodiac Killer (Paul Stine, Cecilia Shepherd, dan Bryan Hartnell)

Namun dugaan polisi meleset. Tiga hari setelah kejadian penembakan tersebut, sebuah surat mendatangi kantor gosip The San Fransisco Chronicle. Surat ini menyatakan bahwa dialah pembunuh Paul Stine. Ditulis dengan goresan pena yang sama dengan surat yang dikirimkan Zodiac Killer sebelumnya. Surat tersebut dikirim beserta dengan sebuah pakaian milik Stine dengan bekas noda darah.

Di final suratnya tersebut, Zodiac Killer menyatakan niatnya untuk melaksanakan pembunuhan di sebuah bus sekolah yang dipenuhi anak-anak.


Upaya Mengungkap Identitas Zodiac Killer

Pihak kepolisian sedang menganalis surat-surat Zodiac Killer

Pada kasus pembunuhan Paul Stine, ternyata terdapat beberapa saksi mata yang melihat eksklusif kejadian pembunuhan tersebut. Berbekal keterangan dari para saksi, polisi pun hasilnya membuat bagan wajah Zodiac Killer dan menyebarkannya.

Ironisnya, dengan sekian banyak bukti dan saksi, pihak kepolisian tetap tidak bisa membuka identitas Zodiac Killer. Bahkan pembunuhan-pembunuhan lain yang diduga dilakukan oleh Zodiac masih terus berlanjut dan membuat frustasi para penegak hukum. Bahkan setidaknya telah ada 5 kasus pembunuhan yang berkaitan dengan Zodiac Killer hingga tahun 1966 yang menewaskan seorang mahasiswi berjulukan Cheri Jo Bates di Riverside, California.


Orang Yang Diduga Kuat Sebagai Zodiac Killer

Meskipun identitas asli Zodiac Killer tidak pernah terungkap, namun beberapa nama pernah dicurigai sebagai orang di balik sang pembunuh berantai. Namun ada sebuah nama yang diduga berpengaruh sebagai Zodiac Killer dan bertanggung jawab atas aneka macam kasus penyerangan dan pembunuhan pada final 1960an hingga awal 1970an.

Arthur Leigh Allen

Arthur Leigh Allen dan bagan wajah yang ibarat dengannya

Robert Graysmith dalam bukunya yang bertajuk Zodiac mengemukakan bahwa sosok di balik Zodiac Killer yakni seorang pria berjulukan Arthur Leigh Allen. Dugaan ini didasarkan pada bukti surat yang ditulis oleh Zodiac. Pada surat yang ditulisnya digunakan jenis Royal typewriter dengan tipe Elite. 

Pada tahun 1991, jenis goresan pena ini ditemukan di kediaman Arthur Leigh Allen. Allen bahkan kedapatan memakai jam tangan yang memiliki brand Zodiac. Allen sendiri tinggal di Vallejo dan bekerja hanya beberapa blok tak jauh dari kediaman Ferrin, korbannya. 

Wajah dari Arthur Leigh Allen juga memiliki kemiripan dengan bagan wajah yang dibuat oleh pihak kepolisian berdasarkan keterangan para saksi.



loading...