Ternyata Ngegosip Bisa Bikin Panjang Umur

Ilustrasi ngegosip (foto: Alamy via Daily Mail)

Ilmuwan telah menemukan bahwa ngegosip atau membicarakan seseorang itu mampu membuat kita lebih bahagia , dan sehat. Dua hal itu merupakan faktor penting yang mampu membuat insan hidup lebih lama.

Dengan ngegosip , insan akan mempelajari informasi penting wacana orang yang dibicarakan dan siapa yang harus dipercaya. Saat ngegosip pula , seseorang dan yang diajak ngegosip akan merasa senang dan bahagia.

Menurut profesor psikologi evolusioner di Universitas Oxford , Robin Dunbar , ngegosip merupakan komunakasi penting yang mampu mencegah kita dari kematian.

"Itu (ngegosip) memiliki efek yang lebih besar dari apa pun kecuali mengalah terhadap rokok ," ujar Prof Dunbar kepada The Telegraph.

Profesor Dunbar menjelaskan bahwa jaringan sosial seseorang memiliki pengaruh besar pada kebahagian dan kesejahteraan.

"Masalah yang kita miliki ialah bagaimana memilihara jaringan sosial kepada kita. Bahasa berevolusi untuk memungkinkan kita menjaga jaringan sosial yang mengalir , yang membuat kita up to date , dan menceritakan kisah yang benar-benar penting untuk kohesi masyarakat."

"Gosip menyerupai halnya chatting dengan orang-orang dan tetap up to date dengan dunia sosial di mana Anda tingal. Makara informasi yang membuat kita menyerupai manusia."

Intinya , neggosip membiarkan insan berkomunikasi lebih baik dan memungkinkan mereka untuk memberikan informasi yang memiliki kegunaan dan juga memungkinkan seseorang untuk bergaul dalam kelompok yang lebih besar.

Sumber: Daily Mail