Gara-Gara Lensa Kontak Mata Gadis Ini Digerogoti Parasit

Ada benalu dalam mata gara-gara lensa kontak (foto: Odditycentral)

Wanita kerap memakai lensa kontak untuk menambah indah penampilannya. Tapi tahukah Anda lensa kontak itu mampu mendatangkan kengerian? Seperti yang dialami gadis bakir balig cukup akal ini , di mana benalu menggerogoti matanya alasannya yakni memakai lensa kontak yang terkontaminasi.

Awalnya , gadis bakir balig cukup akal berjulukan Jessica Greaney (18) itu melihat kelopak matanya mulai melorot. Dia pikir itu hanya infeksi ringan saja. Tapi lama kelamaan kondisi matanya semakin memburuk meski sudah diperiksa ke dokter.

Ketika diperiksa ke rumah sakit , dokter bilang itu hanya bisul. Jessica pun hanya mengandalkan obat pertolongan dokter untuk mengobati matanya. Seminggu kemudian , matanya tak kunjung sembuh dan malah semakin memburuk.

"Pada final pekan , mata saya melorot , dan itu tampak merah menyerupai bola golf besar ," terperinci Jessica kepada koran mahasiswa The Tab.

"Itu bisul , dan sangat menyakitkan , dan mereka menyuruh saya pergi ke rumah sakit ," tambah Jessica.

Setelah diperiksa lagi , dokter kali ini benar-benar memastikan ada apa di dalam mata Jessica dengan sedikit menggores lapisan mata gadis itu. Apa yang ditemukan dokter dalam mata Jessica benar-benar sangat mengerikan , yakni benalu yang disebut Acanthamoeba.

Jessica Greaney (foto: Odditycentral)
Untuk mengeluarkan dan mencegah benalu itu masuk ke bola matanya , Jessica terpaksa menjalankan perawatan menyiksa yang mengharuskannya tidur selama tujuh hari berturut-turut , demikian menyerupai dilansir Odditycentral.

Perawat akan mengunjungi kamar Jessica setiap 10 menit sekali untuk memberikannya obat tetes mata. Jessica merasa sengsara dengan perawatan ini alasannya yakni tidak mampu tidur dengan benar. Tapi apa boleh buat , ia harus melakukannya jikalau tidak ingin kehilangan penglihatannya.

Meskipun awalnya Jessica merasa benalu itu terus menggerogoti matanya selama perawatan , tetapi setelah perawatan yang memakan waktu tujuh hari , mata Jessica pun dinyatakan sembuh. Namun tetap , ia harus diberikan 21 tetesan obat setiap harinya untuk menyembuhkan bisul dan kemerahan pada matanya.

Parasit Acanthamoeba umumnya ditemukan di tanah , air tawar dan air laut. Mereka tumbuh subur di daerah yang terdapat basil dan limescale yang melimpah.

Dalam kasus Jessica , benalu itu masuk ke matanya setelah ia meninggalkan lensa kontak nya di bersahabat wastafel , di mana kemungkinan besar benalu itu datang dari air keran. Belajar dari Jessica , pemakai lensa kontak jangan pernah sekali-kali mencuci lensa dengan menggunakan air keran.

Jika tidak mendapat penanganan yang benar , Jessica mampu kehilangan penglihatannya secara permanen , atau bahkan menimbulkan kelumpuhan dan kematian.