Hindari 5 Hal Ini Sebelum Tidur Kalau Ingin Nyenyak

Main smartphone sebelum tidur (foto: Hipertextual)

Tidur merupakan hal penting untuk mengembalikan energi dalam badan sekaligus memperlihatkan kesempatan bagi organ-organ untuk beristirahat. Mendapat tidur yang nyenyak sangat akrab kaitannya untuk menerima badan yang sehat dan bugar.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa beberapa hal sepele yang sering kita lakukan sebelum tidur tenyata memperlihatkan pengaruh besar pada kualitas tidur kita. Akibatnya Anda jadi susah tidur atau tidur jadi tidak nyenyak , sehingga dapat mensugesti kesehatan Anda.

Dilansir Health , berikut beberapa hal yang harus Anda hindari sebelum tidur , kalau ingin mendapat tidur yang nyenyak.

1. Menggunakan smartphone

Sebuah studi mengungkapkan bahwa saat membaca e-readers , menggunakan smartphone atau menonton tv ternyata dapat mengganggu tidur kita. Beberapa pakar menyatakan , bahwa sebaiknya gunakanlah smartphone satu jam sebelum tidur. Sinar biru yang dihasilkan oleh smartphone atau tv menghambat produksi melatonin , peran dari melatonin ini yakni membuat kita mengantuk.

Jika Anda masih ingin menggunakan smartphone sebelum tidur , sebaiknya gunakan smartphone 14 inci dari wajah dan redupkan cahaya pada layar smartphone Anda untuk menghindari risiko dari sinar biru tersebut.

2. Mengkonsumsi kopi

Mungkin jarang seseorang mengkonsumsi kopi sebelum tidur , tapi kopi sering dijadikan minuman hangat yang disajikan di malam hari setelah makan malam. Kebiasaan inilah yang akan mengganggu jam tidur seseorang. Kopi mengandung 80-120 miligram kafein per cangkirnya. Kafein dapat bertahan dalam badan selama 12 jam.

3. Mengkonsumsi teh

Selain kopi , ternyata teh juga mengandung kafein , dan kafein dalam teh inilah yang dapat mendatangkan stimulan yang mengganggu tidur. Jika Anda tetap ingin minum teh sebelum tidur sebaiknya celupkan segera kantong teh ke dalam cangkir berisi air panas , kemudian buat lagi cangkir kedua dengan kantung teh yang sama. Stimulan biasanya dihasilkan dari penyeduhan teh yang pertama , sehingga pada cangkir kedua tidak banyak menghasilkan stimulan.

4. Mengkonsumsi makanan pedas dan berlemak

Makan sebelum tidur akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyaman. Makanan pedas dan berlemak akan memperlihatkan refuks asam pada badan yang membuat badan tak nyaman saat berbaring disertai dengan sakit kepala.

Jika Anda tetap ingin makan sebelum tidur , konsumsilah makanan dengan karbohidrat rendah atau dengan segelas susu hangat. Dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan maksimal 2 jam sebelum tidur biar badan memilki jeda untuk mencernanya.

5. Merokok

Bukan diam-diam lagi bahwa rokok menjadi musuh bagi tubuh. Rokok yakni salah satu penyebab insomnia. Rokok banyak digunakan saat bersantai , akan tetapi kandungan nikotin dalam rokok dapat membuat penggunanya sulit tidur , terutama jikalau rokok dinyalakan sebelum jam tidur. Kandungan nikotin dalam rokok ini pula akan membuat penggunanya bangkit lebih awal dari biasanya di pagi hari.