Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

4 Fakta Menakjubkan Tentang Otak Manusia Lebih Hebat Dari Komputer!

Otak insan (foto: io9.com)

Di dalam kepala insan begitu banyak organ yang berkerut-kerut dengan beratnya mencapai sekitar 1 ,3 kg. Organ tersebut dapat mengontrol semua acara yang dilakukan insan , dari mulai berpikir , berguru , berkarya , mencicipi emosi , mengontrol setiap kedipan , nafas dan detak jantung.

Organ tersebut kita kenal dengan nama otak. Bahkan , ilmuan terkenal berjulukan James D. Watson mengatakan bahwa otak merupakan hal yang paling kompleks yang telah kita temukan di alam semesta ini.

Dilansir dari National Geographic Kids , berikut ulasan wacana fakta menakjubkan otak insan yang lebih jago dari komputer mana pun.

1. Otak insan lebih cepat dan jago dibandingkan dengan super komputer

Tidak ada komputer yang dapat menyaingi kemampuan hebatnya otak insan , yang bisa menyerap , memproses dan menerjemahkan dalam tindakan gosip yang datang melalui mata , indera pendengaran dan panca indera lainnya. Hanya saja insan terhambat oleh 'sesuatu' sehingga tidak bisa menggunakan kemampuan otak sepenuhnya.

2. Otak menghasilkan listrik yang dapat menghidupkan bola lampu

Otak insan mengandung sekitar 100 miliar sel mikroskopis yang disebut neuron. Kapan pun ketika insan bermimpi , tertawa , berpikir , melihat , bergerak , bernafas , dll. Dengan begitu sinyal kimia dan listrik berlomba-lomba melewati neuron-neuron ini melalui miliaran jalur kecil neuron.

Meskipun satu neuron hanya menghasilkan sedikit daya listrik , namun ternyata bila seluruh neuron otak digabungkan , akan dapat menghasilkan energi yang cukup untuk menyalakan bola lampu ber-watt rendah.

3. Kecepatan neuron mengirimkan gosip ke otak lebih dari 240 km per jam

Misalnya , seekor lalat hinggap di tangan , sontak Anda pribadi berkata "Wuuussshh". Pada dikala itu neuron sensorik di kulit akan meneruskan gosip ini ke sumsum tulang belakang dan otak dengan kecepatan lebih dari 240 km per jam.

Otak kemudian mengirimkan neuron motorik untuk mengirimkan pesan kembali melalui sumsum tulang belakang ke tangan Anda untuk menggoyangkan tangan supaya lalat cepat terbang. Maka , neuron motorik dapat memberikan pesan lebih dari 320 km per jam.

4. Struktur otak berubah ketika mempelajari sesuatu

Seiring bertambahnya usia , insan selalu ingin berguru sesuatu yang belum diketahuinya supaya yang tadinya tidak tahu menjadi tahu. Oleh karena itu , struktur otak akan berubah setiap kali mempelajari sesuatu , sama menyerupai ketika mengingat hal baru. Itulah sebabnya orang yang tadinya tidak tahu bisa jadi tahu dikarenakan ada perubahan pada struktur otak.
loading...