Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Bahaya Dari Penggunaan Ponsel Secara Terus Menerus

Ilustrasi penggunaan ponsel (foto: wordpress.com)

Semakin hari pengguna ponsel tentu semakin meningkat. Tiada waktu tanpa memegang ponsel walau hanya beberapa ketika saja.

Banyak orang yang terlena dengan kesenangan bermain ponsel , tanpa tahu alhasil bila terlalu sering bertatapan muka dengan ponsel. Karena kebanyakan ponsel terbuat dari logam , dan juga mengandung gelombang elekromagneitk , tentu semua itu mampu berakibat buruk bagi kesehatan.

Dari sekian banyak fasilitas yang didapat dari ponsel , ternyata efek negatif bagi kesehatan terus meningkat setiap harinya. Dilansir dari banyak sekali sumber , berikut beberapa dampak berbahaya dari penggunaan ponsel secara terus menerus.

1. Ponsel sebabkan kanker otak

Semakin muda pengguna ponsel semakin rentan pula terken kanker otak. Pada belum dewasa dan remaja , terkena kanker otak akhir penggunaan ponsel meningkat hingga 400%. Bukan hanya pada anak , pada orang cukup umur pun menggunakan ponsel 30menit/hari dapat memicu kanker otak dan tumor otak penyebab tuli.

2. Berpengaruh pada kesuburan pria

Radiasi ponsel ternyata bukan hanya memperngaruhi otak dan menimbulkan kanker , namun juga mensugesti kesuburan pria. Menurut penelitian , penggunaan ponsel yang terus menerus dapat menurunkan jumlah sperma hingga 30%.

3. Merubah DNA , membentuk radikal bebas dan kematian mendadak

Ponsel memilki frekuensi radio yang dapat menimbulkan perubahan pada DNA pada insan dan juga membentuk radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas inilah yang berkembang dalam badan dan memicu kanker.

Frekuensi radio pada ponsel juga mensugesti kinerja alat vital menyerupai alat pacu jantung yang meningkatkan risiko kematian mendadak.

4. Meningkatkan stres

Sebuah penelitian mengambarkan bahwa hormom stres kortisol akan meningkat pada penggunaan ponsel dalam durasi panjang dan terus menerus. Kadar stres yang meningkat merupakan salah satu penolakan respon badan terhadap hal yang membahayakan kesehatan.

5. Menurunnya sistem kekebalan badan dan picu alergi

Medan elektromagnetik yang dihasilkan ponsel dapat menurunkan sistem kekebalan badan dan timbul alergi menyerupai ruam atau gatal-gatal. Emisi dan radiasi ponsel pun dapat mensugesti kesehatan tulang dan persendian serta memicu rematik.

6. Memicu hilangnya pendengaran

Menggunakan ponsel lebih dari 30 menit per hari selama 4 tahun dapat memicu hilangnya pendengaran atau tuli. Radiasi ponsel yang terus menerus dapat membuat indera pendengaran berdengung dan kerusakan sel rambut yang merupakan sensor pada organ pendengaran.

7. Kerusakan mata

Frekuensi radio yang berkisar anatara 900 MHz hingga 2450 MHz dapat meningkatkan temperatur mata. Hal inilah yang menimbulkan kerusakan kornea mata semakin meningkat ,

8. Merusak sitem kerja syaraf

Medan magnetik di sekitar ponsel dapat memicu kerusakan sistem syaraf yang ditandai dengan gejala gangguan tidur. Dalam jangka panjang , kerusakan sistem syaraf ini akan mempercepat kepikunan.
loading...