Bahayanya Minum Air Dingin Saat Kepedasan

(foto : prevention.com)
Siapa sih di dunia ini yang tidak menyukai makanan pedas? Banyak masakan yang menyajikan sensasi pedas dipadu dengan rempah yang jadi favorit masyarakat. Lantas , apa yang biasanya kebanyakan orang lakukan jikalau kepedasan?

Kebanyakan orang banyak mengkonsumsi air putih atau minuman sejenisnya utuk menghilangkan rasa pedas. Namun , banyak juga yang mengkonsumsi air cuek atau air es untuk menghilangkan rasa pedas.

Minum air cuek setelah mengkonsumsi pedas memang dapat meredakan rasa pedas lebih cepat , namun caranya ini ternyata salah. Mengapa?

Ketika makanan pedas masuk ke rongga verbal , hal ini akan menstimulasi kawasan di rongga hidung dan faring yang akan membuat permukaan pengecap mencicipi efek panas. Karena tingkat reseptor tiap orang berbeda , maka tingkat pedas yang dirasakan setiap orang pun berbeda.

Ketika mengkonsumsi minuman cuek dikala kepedasan , sensasi pedas memang akan cepat berkurung , namun jangan salah , setelah itu rasa pedas akan bertambah berkali-kali lipat.

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air hangat dikala merasa kepedasan. Hal ini dikarenakan makanan pedas mengandung senyawa berjulukan capsaicin yang akan larut jikalau bertemu air hangat sehingga rasa pedas akan cepat hilang.