Bom Hidrogen Korea Utara Ancam Kemanan Dan Perdamaian Dunia?

Kim Jong-un (foto : washingtonpost.com)
Dapat dikatakan Korea Utara merupakan negara yang berbeda dengan negara lainnya. Korea Utara gencar dengan pembuktiannya sebagai powerfull di mata dunia. Korea Utara memiliki sistem politik tertutup , pasif dan absolut yang membuatnya berbeda dengan negara lain.

Pada 6 Januari lalu , Korea Utara menyatakan bahwa mereka telah sukses melaksanakan tes bom nuklir hidrogen. Hal ini diumumkan sesaat setelah terdeteksinya gempa di akrab lokasi percobaan nuklir pertama.

Gempa tersebut terdeteksi di Punggye-ri , Korea Utara , di mana daerah ini sebelumnya digunakan untuk percobaan nuklir pertama. Gempa tersebut dikabarkan berkekuatan 5 ,1 SR , demikian menurut BBC.

Sesaat setelah terdeteksi , pemerintah Korea Selatan , Jepang dan Cina mengidikasikan bahwa itu gempa tersebut yaitu buatan manusia. Jika benar gempa tersebut yaitu jawaban tes uji bom nuklir Korea Utara , hal ini akan menjadi uji coba bom nuklir ke empat bagi Korea Utara.

Uji coba atas bom nuklir hidrogen ini tentu mendapat banyak kecaman dari banyak sekali negara ibarat Jepang sampai Amerika Serikat. Bom hidrogen merupakan bom termonuklir yang kekuatannya jauh lebih besar lengan berkuasa dari senjata atom yang menggunakan fisi.

Hal ini tentu akan menjadi bahaya dan tantangan gres bagi keamanan dan perdamaian internasional.