Hancur Leburkan Depresi Dengan Enam Hal Ini

Ilustrasi depresi (foto: 4patientcare.com)

Depresi yaitu salah satu gangguan mental , merasa duka atau tertekan pada suatu kurun waktu dibarengi dengan rasa cemas yang berlebihan. Setiap orang mungkin pernah mencicipi yang namanya depresi

Jika Anda melihat perubahan mendadak dalam suasana hati Anda , alangkah baiknya Anda berkonsultasi pada dokter. Depresi situasional dipicu oleh peristiwa eksternal , sedangkan depresi klinis dipicu dari dalam , dan sangat sering membutuhkan perhatian medis.

Oleh alasannya yaitu itu , Anda harus segera mungkin mengatasi depresi yang sedang Anda alami. Karena jikalau dibiarkan melarut terlalu lama bisa berakibat fatal pada pikiran dan kesehatan. Untuk menghilangkan depresi , Anda bisa mencoba melaksanakan 6 hal ini yang mungkin saja membantu mengurangi stres berlebihan.

1. Meditasi  (Merenung)

Dr Elizabeth Hoge , seorang psikiater di Rumah Sakit Umum Massachusetts , mengungkapkan bahwa meditasi secara efektif dapat mengobati kecemasan dan gangguan suasana hati lainnya.

"Orang yang mengalami suasana hati yang rendah dan rasa penurunan kesejahteraan memiliki duduk perkara yang bekerjasama gangguan pikiran ," jelasnya kepada Blog Harvard Health.

"Mereka tidak bisa membedakan antara anutan pemecahan duduk perkara dan rasa khawatir yang tidak memiliki manfaat."

Untuk mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari , cobalah bermeditasi selama 30 menit hingga 1 jam setiap hari dan cari daerah yang tenang. Matikan ponsel dan komputer , dan tutup mata Anda. Atur pernapasan Anda , dan fokus pada satu kata atau pikiran , atau bayangkan diri Anda di daerah yang damai.

2. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B

Vitamin B dan B-12 dapat membantu menghilangkan zat kimia dalam otak yang sangat mensugesti suasana hati , yaitu serotonin , epinefrin , dan dopamin. Rendahnya tingkat vitamin B telah berulang kali dikaitkan dengan depresi.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic , vegetarian , orang cukup umur yang lebih bau tanah , dan orang-orang dengan gangguan pencernaan mungkin merasa sulit untuk menerima cukup vitamin B-12.

Anda dapat mengambil embel-embel , tetapi alternatif yang lebih sehat yaitu asupan makanan yang kaya akan vitamin B.  Misalnya saja ikan mackerel dan salmon , keju Swiss , bayam , paprika , kerang , daging tanpa lemak , telur , dan susu rendah lemak.

3. Jadwal tidur yang teratur

Depresi dapat membuat Anda sangat sulit untuk menerima waktu tidur yang baik. Bahkan , terlalu sedikit tidur benar-benar dapat memperburuk gejala depresi dan akan mengganggu pikiran Anda secara keseluruhan.

Pergi tidur pada waktu yang sama setiap malam , dan berdiri pada waktu yang sama setiap pagi. Cobalah untuk tidak tidur pada siang hari , dan matikan TV Anda dan semua ponsel dan tablet sebelum Anda mulai tidur.

4. Lakukan sesuatu yang baru

Banyak orang cenderung merasa ibarat terjebak dalam sebuah kondisi di mana mereka sedang tertekan. Ini mungkin disertai dengan kemampuan yang buruk untuk berkonsentrasi.

Itulah mengapa begitu penting untuk mendorong diri sendiri untuk melaksanakan sesuatu yang gres dan berbeda. Ketika kita menantang diri kita sendiri untuk melaksanakan sesuatu yang berbeda , ada perubahan yang terjadi pada otak kita.

Anda juga dapat mengambil kelas bahasa , membaca buku gres , atau melaksanakan hal lain yang perlu Anda jelajahi untuk sementara waktu.

5. Bicara perihal duduk perkara Anda pada orang yang tepat

Berbicara dengan seseorang yang Anda cintai dapat membantu Anda mengurangi depresi. Berbicara perihal apa yang terjadi dalam hidup Anda atau di dalam kepala Anda , hal itu dapat membantu Anda melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.

Berbicara perihal perasaan Anda juga dapat membantu Anda menemukan solusi , tapi yang paling penting dari semuanya yaitu Anda akan menerima pemberian emosional yang Anda butuhkan dari orang lain.

Banyak orang mungkin merasa sulit untuk membuka diri terhadap orang lain pada awalnya , tetapi jangan biarkan perasaan canggung menghambat Anda. Teman dan keluarga dapat membantu Anda mengeksplorasi pilihan Anda untuk menerima pemberian , atau dapat membantu Anda dalam cara yang lebih praktis.

6. Lakukan olahraga ringan

Latihan aerobik yang sederhana , atau bahkan acara ringan ibarat berjalan-jalan dan meregangkan bab badan Anda , itu semua dapat membantu dalam mengobati gejala depresi.

Semua latihan tersebut mempromosikan endorfin , zat kimia yang baik untuk badan Anda. Hal ini dapat mendorong otak untuk bekerja sendiri dengan cara yang positif.

Penelitian juga telah menyampaikan bahwa dengan berolahraga , Anda perlahan-lahan akan mengembalikan dogma diri Anda.