Hati-Hati Jika Ada Bintik Putih Pada Kuku Anda!

Bintik putih pada kuku
Banyak orang yang percaya dengan mitos bahwa kalau ada bintik putih pada kuku itu berarti ada seseorang yang sedang menaksir kita. Itu hanyalah mitos yang tidak benar , dan Anda harus waspada kalau ada bintik putih muncul pada kuku.

Bintik putih pada kuku disebut leukonikia. Bintik ini biasanya muncul karena stress berat yang tidak berbahaya pada matriks. Matriks merupakan kumpulan sel di bawah lapisan kutikula yang berfungsi membentuk lapisan kuku.

Bintik putih atau leukonikia ini mampu disebabkan karena benturan dengan benda keras yang tak disengaja. Oleh karena itu hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi bintik putih pada kuku mampu juga jadi mengambarkan penyakit yang cukup parah.

Jika leukonikia tersebut muncul disertai rambut rontok atau rapuh , hal ini mungkin saja menunjukan bahwa badan kekurangan kalsium dan zinc.

Leukonikia juga mampu muncul karena alergi terhadap suatu produk yang diaplikasikan pada kuku menyerupai cat kuku dan pengeras kuku.

Bukan hanya itu , leukonikia juga dapat menunjukan penyakit yang serius dan parah. Misalnya malaria dan herpes yang menular dapat menimbulakan bintik putih pada kuku.

Sumber: Ghiboo.com