Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Ilmuwan Temukan Hiu Hidup Di Dalam Gunung Berapi Aktif

Hiu martil di perairan bawah gunung berapi (foto: National Geographic)

Kavachi ialah salah satu gunung berapi bawah laut paling aktif yang terletak di Kepulauan Solomon , barat daya Samudera Pasifik. Gunung ini dikelilingi oleh air panas , air laut asam yang mampu sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Tapi dikala tim ilmuwan menurunkan robot yang dilengkapi kamera ke bawah laut di sekitar gunung pada tahun 2015 lalu , mereka menemukan sejumlah keanekaragaman hayati hidup di dalam sana , termasuk hiu silky , hiu martil , dan hiu pacific sleeper yang dianggap langka.

Seperti dikutip Mother Nature Network (MNN) , penelitian yang didanai oleh National Geographic Society ini bertujuan untuk melaksanakan perjalanan berisiko dengan mengeksplorasi Gunung Kavachi.

Gunung ini sangat aktif dan sempat meletus pada tahun 2014 lalu. Sebelumnya gunung ini juga pernah mengeluarkan ledakan eksplosif pada tahun 2004 dan 2007.

(foto: National Geographic)

Brennan Phillips , salah satu anggota tim penelitian mengatakan wilayah bawah laut Gunung Kavachi sangat berbahaya bagi penyelam.

"Penyelam yang erat dengan tepi luar gunung berapi harus mundur alasannya ialah sangat panas dan mereka menerima luka bakar ringan alasannya ialah air asam ," katanya kepada National Geographic.

Untuk menghindari itu , Phillips dan rekan-rekannya menurunkan robot kapal selam dengan kamera bawah air untuk mengeksplorasi lingkungan Kavachi.

Meskipun kondisi di dalam sana sangat ekstrim , robot tersebut menemukan sejumlah satwa liar hidup di sekitar Kavachi , menyerupai ubur-ubur , kepiting , ikan pari , dan hiu.

Tim peneliti juga menemukan hiu pacific sleeper yang biasanya ditemukan di Atlantika Utara , Pasifik Utara , dan Antartika. Phillips mengatakan ini merupakan ketiga kalinya hiu pacific sleeper terekam video.

Sementara itu , tidak diketahui secara terang berapa banyak hiu dan hewan lainnya yang mampu hidup di dalam habitan ekstrim menyerupai ini.
loading...