Ini Alasan Kenapa Makan Pakai Tangan Lebih Sehat

Ilustrasi (foto : emaze.com)
Pernah mendengar slogan "Orang Indonesia makan pakai tangan?" , bagi penikmat makanan nusantara tentu tak gila dengan istilah ini. Sebagian makanan khas nusantara memang nikmat jikalau eksklusif disantap menggunakan tangan.

Namun , seiring berkembangnya zaman menggunakan tangan dikala makan tergantinkan dengan sendok , garpu atau sumpit. Padahal banyak manfaat yang kita peroleh dikala makan eksklusif menggunakan tangan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menjelaskan bahwa dikala makan eksklusif menggunakan tangan sambil membaca atau menonton akan membuat perut merasa lebih kenyang  dan mengurangi nafsu mengkonsumsi makanan komplemen atau cemilan.

Pencernaan juga akan lebih sehat alasannya yakni kuman menyerupai flora normal yang tedapat pada jari tangan insan akan menawarkan sumbangan dari mikroba berbahaya. Saat kuman tersebut masuk dalam badan , hal tersebut dapat menjaga kesehatan lisan , kerongkongan dan usus.

Bukan hanya itu , sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Critical Nutrition menyebutkan bahwa orang yang mengidap diabetes tipe 2 kebanyakan dari mereka yakni orang-orang yang makan dengan cepat menggunakan alat makan.

Sedangkan mereka yang makan terburu-buru dengan menggunakan tangan eksklusif tanpa menggunakan alat makan tak mengidap penyakit tersebut.

Meskipun demikian , pastikan Anda mencucui tangan terlebih dahulu sebelum mulai makan dengan menggunakan tangan.