Kenapa Komedian Cenderung Meninggal Di Usia Muda?

Budi Anduk dan Olga Syahputra

Kepergian Budi Anduk meninggalkan sedih yang mendalam bagi keluarga , kerabat , dan tentunya bagi dunia hiburan Tanah Air. Sang pelawak kelahiran 8 Februari 1968 itu meningggal di usia yang masih terbilang muda , ialah dikala usianya belum genap 48 tahun.

Selain Budi Anduk , masih ada beberapa pelawak lain yang meninggal di usia muda , salah satunya Olga Syahpura yang meninggal di usianya yang gres menginjak 32 tahun. Kemudian ada dua legenda warkop , Dono yang meninggal di usia 50 tahun dan Kasino di usia 47 tahun.

Baca Juga: Komedian yang meninggal di usia muda

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya kenapa pelawak cenderung berumur pendek? Urusan hidup dan mati seseorang memang sudah menjadi ketentuan dari Yang Mahakuasa , tapi ada penelitian yang menjelaskan kenapa pelawak cenderung meninggal di usia muda.

Dikutip dari CNN , sebuah penelitian mengakji 53 pelawak setelah selesai hidup Robin Williams (63) dan Rik Mayall (55). Hasilnya menawarkan dari 23 pelawak terlucu , mereka menemukan 78 persen meninggal dikala usia yang relatif muda.

Penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Cardiology ini juga menemukan bahwa orang yang lucu sekalipun dapat terkena penyakit kejiwaan.

"Sifat mereka yang dinilai sangat lucu oleh banyak orang ternyata besar lengan berkuasa pada kesehatan mereka , baik itu secara fisik maupun kejiwaan ," ujar pemimpin penelitian , Simon Stewart.

Mungkin itulah sedikit penjelasan ilmiah kenapa pelawak cenderung meninggal di usia muda. Meskipun demikian , selesai hidup seseorang itu sudah menjadi ketentuan yang mutlak dari Yang Mahakuasa yang tidka mampu diganggu gugat lagi.