Rasulullah Hanya Dua Kali Sakit Sepanjang Hayatnya Rahasianya?

Ilustrasi orang yang melaksanakan shalat qiyamul lail pada sepertiga malam (foto: arrahmah.com)

Banyak orang yang tidak peduli dengan nikmat sehat yang telah diberikan Tuhan SAW kepada kita. Padahal kesehatan itu yaitu anugrah yang yang tak ternilai harganya yang harus senantiasa kita jaga.

Sebagai umat Muslim , tahukah Anda bahwa Nabi Muhammad SAW hanya pernah sakit dua kali sepanjang hidupnya? Pertama , Rasulullah jatuh sakit saat diracun oleh seorang perempuan Yahudi , dan yang kedua menjelang mangkatnya.

Lalu apa belakang layar hidup sehat Rasulullah hingga dia hanya pernah dua kali jatuh sakit sepanjang hayatnya? Berikut dilansir dari banyak sekali sumber , belakang layar hidup sehat Rasulullah yang patut kita contoh.

1. Bangun sebelum subuh

Rasulullah berdiri sebelum subuh dan melaksanakan qiyamul lail pada sepertiga malam , yaitu sekitar pukul 01:00 pagi atau :02:00 pagi. Beliau selalu menyempatkan diri untuk menghirup udara segar. Menurut pakar kesehatan , udara sepertiga malam terakhir sangat kaya akan oksigen yang belum terkontaminasi dengan zat-zat lain.

2. Pola makan yang sehat

Di pagi hari , Rasulullah menggunakan siwak untuk menjaga kesehatan verbal dan giginya. Kemudian dia sarapan dengan segelas air hambar dicampur dengan satu sendok madu asli.

Menjelang siang , Rasulullah senantiasa mengkonsumsi tujuh butir kurma matang. Beliau bersabda , "Barang siapa makan tujuh butir kurma , maka akan terlindung dari racun."

Ketika seorang wanita Yahudi meracuni Rasulullah , dia selamat berkat racun-racun tersebut terserap oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Sementara seorang sobat , Bisyir ibu al Barra yang ikut makan makanan beracun yang diberikan wanita Yahudi tersebut meninggal.

Kemudian menjelang sore , dia juga suka makan-makanan pokok ibarat roti ditambah dengan minyak zaitun dan cuka. Di malam hari , dia suka mengkonsumsi sayur-sayuran. Setelah itu , dia biasanya melaksanakan acara ringan untuk mencerna makanannya. Shalat merupakan salah satunya.

3. Olahraga

Rasulullah juga suka berolahraga , biasanya dengan bermain bersama anak dan cucunya.

4. Tidur sesudah isya

Beliau tidak menyukai berbincang-bincang atau makan-makan setelah waktu isya. Rasulullah akan tidur setelah waktu isya supaya mampu berdiri lebih pagi dan menyempatkan diri untuk menghirup udara segar pada sepertiga malam.

Nah , itulah beberapa belakang layar hidup sehat Rasulullah yang membuat tubuhnya selalu sehat , hingga dia hanya pernah dua kali sakit sepanjang hayatnya.