Tanda-Tanda Orang Yang Sekarat Akan Masuk Surga

Ilustrasi


Setiap makhluk yang bernyawa akan mengalami janjkematian , termasuk kita sebagai manusia. Namun kita tidak tahu kapan dan di mana janjkematian itu akan tiba. Tapi sebagai umat Muslim yang beriman kita hanya perlu mempersiapkan diri dan yakin janjkematian itu akan datang.

Bagi orang yang taqwa dan beriman kepada Yang Mahakuasa SWT , sudah pasti orang tersebut akan meninggal dalam keadaan husnul khotimah atau meninggal dalam keadaan baik. Orang yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah niscaya kawasan terakhirnya yaitu surga.

Nabi Muhammad SAW pernah memberitahu kepada umatnya wacana tanda-tanda orang yang meninggal dengan membawa gelar husnul khotimah , yang dapat kita ketahui dikala seseorang dalam keadaan sakaratul maut. Berikut tanda-tanda orang yang sekarat akan masuk surga sebab membawa hunsul khotimah.

1. Bila seseorang yang sedang dalam keadaan sakaratul maut mengucapkan "La ilaha illallah" maka ia akan masuk surga. Oleh sebab itu , sunnah hukumnya membimbing orang yang sakaratul maut untuk mengucapkan kalimat tahlil.

Dari Mu'adz bin Jabal Ra , Rasulullah SAW bersabda: "Bara siapa ucapan terakhirnya : La ilaha illallah , maka ia masuk surga." (HR Abu Daud & Al-Hakim).

2. Apabila acara terakhir seseorang sebelum meninggal dalam keadaan beribadah atau sedang melaksanakan acara di jalan Yang Mahakuasa , maka orang tersebut mati dalam keadaan husnul khotimah. Contohnya yaitu orang yang meninggal dikala shalat.

3. Orang yang meninggal dalam keadaan husnul khotimah , sewaktunya sekaratnya tidak akan menyampaikan tanda-tanda absurd , menyerupai mata melotot , kesulitan melepaskan nyawa , atau pengecap menjulur. Melainkan mereka akan meninggal dalam keadaan tersenyum dan sewaktu melepaskan nyawanya tidak terlihat menyerupai orang yang kesakitan. Subhanallah.

Nah , itulah tanda-tanda orang yang sekarat dan meninggal dengan membawa husnul khotimah. Untuk menerima gelar itu tidak semudah membalikan telapak tangan , itu diperhitungkan dari usaha kita sewaktu hidup. Oleh sebab itu , hanya mereka yang benar-benar beriman dan bertaqwa kepada Yang Mahakuasa yang akan menerima gelar husnul khotimah dan dijamin masuk surga. Subhanallah.