Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 Gunung Berapi Paling Sering Meletus


Letusan gunung berapi terbentuk sebab hasil dari magma panas berwarna merah yang keluar melalui lubang pada kerak bumi. Efek dari keluarnya magma dari perut bumi inilah yang menyebabkan gunung berapi meletus.

Sekali letusan , bencana ini dapat menyebabkan korban jiwa sebanyak ratusan bahkan ribuan jiwa. Dalam beberapa catatan sejarah , ada letusan gunung berapi yang hingga memusnahkan seluruh penduduk kotanya

Di dunia ini memang banyak gunung berapi yang masih aktif dan juga sering meletus. Langsung saja , berikut tujuh gunung berapi paling sering meletus yang sudah rangkum. Indonesia juga ada.

7. Gunung Taal , Filipina


Gunung Taal merupakan gunung berapi yang berbentuk kerucut yang terletak di Pulau Luzzon , Danau Taal , Filipina. Gunung berapi ini telah meletus sebanyak 33 kali semenjak tahun 1572 , yang menyebabkan 5.000 hingga 6.000 orang tewas.

6. Gunung Nyiragongo , Republik Demokratik Kongo


Nyirogongo merupakan gunung berapi paling aktif di Afrika yang terkenal dengan danau lava nya. Gunung ini mulai meletus semenjak tahun 1882 , dan telah meletus setidaknya sebanyak 34 kali. Salah satu letusan terparah terjadi pada tahun 2002.

5. Merapi , Indonesia


Gunung berapi ini ialah gunung berapi berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Ini ialah gunung berapi yang paling aktif dan paling sering meletus di Indonesia. Tercatat , gunung ini sudah aktif semenjak 10.000 tahun lalu.

4. Garelas , Kolombia


Ini merupakan gunung berapi paling aktif di Kolombia yang terletak di episode selatan negara tersebut. Gunung ini telah aktif selama satu juta tahun yang lalu dan selalu meletus setiap tahun semenjak tahun 2000.

3. Sakurajima , Jepang


Sakurajima ialah gunung berapi yang aktif di Jepang yang terletak di Pulau Kyushu. Dalam 45 tahun terakhir , letusan gunung ini memegang rekor sebagai letusan gunung berapi paling parah di dunia. Tercatat , gunung ini terakhir meletus pada tahun 2009.

2. Vesuvius , Italia


Gunung Vesuvius ialah gunung yang terletak di Campania , Italia. Letusan terakhir gunung ini terjadi pada tahun 1944.  Gunung Vesuvius terkenal sebab letusan yang menyebabkan kehancuran kota-kota zaman Romawi , menyerupai Pompeii dan Herculaneum.

1. Mauna Loa , Hawaii


Gunung ini ialah gunung berapi terbesar di dunia. Mauna Lao ialah salah satu dari 5 gunung berapi yang membentuk pulau Hawaii. Gunung berapi ini telah sering meletus untuk beberapa ratus ribu tahun yang lalu. Namun menurut catatan , gunung ini terakhir meletus pada tahun 1984.
loading...