Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Batu Ini Dapat Memancarkan WiFi Dengan Cara Dibakar Ko Bisa?


Di sebuah area hutan terbuka di Springhornof , Neuenkirchen , Jerman , terdapat sebuah kerikil besar yang terlihat biasa-biasa saja. Tapi bergotong-royong kerikil ini mampu memancarkan WiFi dengan cara dibakar.

Seperti dilansir dari amusingplanet.com , kerikil seberat 1 ,5 ton ini bergotong-royong merupakan sebuah hasil karya seni yang diberi nama "Keepvalive" yang dibuat oleh Aram Bartholl. Batu tersebut merupakan asli dari alam , tetapi ia modifikasi untuk menyembunyikan router WiFi di dalamnya yang didukung oleh generator thermoelectric yang dapat mengubah suhu panas menjadi listrik.


Pengunjung dapat mencoba membuat api di sebelah kerikil tersebut untuk menghidupkan router di dalamnya. Setelah menyala pengujung dapat menghubungkannya menggunakan smartphone dan kemudian mampu digunakan untuk browsingan atau mendownload.

"Keepalive"  dibuat di tempat terpencil , maka sebelum berkunjung pengunjung harus meminta ijin terlebih dahulu kepada pemilik tanah , semoga terhindar dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyalakan api sembarangan. Judul , "Keepalive" berasal dari istilah teknis untuk pesan yang dikirim antara perangkat internet untuk memeriksa konektivitas internet.


Seniman asal Berlin itu rupanya pernah menciptakan sebuah jalur kanal data menyebarkan serupa yang disebut "Dead Drops" pada tahun 2010 silam. Drive berupa USB ini tertanam pada sebuah dinding publik yang dapat diakses oleh banyak orang. Drive tersebut masih bersarang di sisi bangunan di New York City.
loading...