Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Inilah Alasan Kenapa Neraka Banyak Dihuni Perempuan

Ilustrasi neraka

Sewaktu Nabi Muhammad SAW melaksanakan Isra Mi'raj , dia diajak jalan-jalan melihat surga dan neraka oleh malaikat Jibril. Beliau melihat siapa saja kebanyakan penghuni surga dan neraka dikala itu.

Rasulullah SAW bersabda , "Aku melihat ke dalam Surga maka gue melihat kebanyakan penduduknya yaitu fuqara (orang-orang fakir) dan gue melihat ke dalam neraka maka gue menyaksikan kebanyakan penduduknya yaitu wanita." (HR. Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas dan Imran).

Tentang hal ini , kita akan membahas kenapa neraka banyak dihun kaum perempuan. Dilansir dari sumber-sumber terpercaya beserta hadis nya , berikut alasan kenapa di neraka banyak dihuni neraka.

3. Kufur kepada suami dan kebaikan-kebaikannya

Rasulullah dan para sahabatnya pernah melaksanakan shalat gerhana. Ketika itu , dia melihat surga dan neraka. Beliau bersabda kepada para sahabatnya perihal neraka:

"... dan gue melihat neraka maka tidak pernah gue melihat pemandangan menyerupai ini sama sekali , gue melihat kebanyakan penduduknya yaitu kaum wanita. Sahabat pun bertanya: "Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Karena kekufuran mereka."

Kemudian ditanya lagi: "Apakah mereka kufur terhadap Allah?" Beliau menjawab: "Mereka kufur terhadap suami-suami mereka , kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak ia sukai) niscaya dia akan berkata: 'Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu.'" (HR. Bukhari dari Ibnu Abbas r.a).

Dalam kasus menyerupai ini , memang sering banyak terjadi dikala seorang istri selalu mengingkari kebaikan-kebaikan suaminya. Hal itu biasanya disebabkan karena perbuatan sang suami tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh istrinya.

Sebaiknya , bagi istri yang shallehah yaitu senantiasa kita bersyukur terhadap apa yang telah diberikan suami , janganlah sekali-kali mengkufuri kebaikan-kebaikan suami , karena Yang Mahakuasa tidak akan meridhoinya , sebagaimana yang telah dijelaskan Rasulullah:

"Allah tidak akan melihat kepada wanita yang tidak mensyukuri apa yang ada pada suaminya dan tidak merasa cukup dengannya.” (HR. Nasa’i di dalam Al Kubra dari Abdullah bin ‘Amr. Lihat Al Insyirah fi Adabin Nikah halaman 76).

2. Durhaka pada suami

Durhaka kepada suami merupakan perbuatan yang dibenci Allah. Seperti tidak melayani suami dengan baik , mengeluarkan kata-kata bernafsu kepada suami , tidak membuat hati suami senang , atau seolah menjajah dan mengekang kepada suami.

"Kaum laki-laki itu yaitu pemimpin bagi kaum wanita , karena Yang Mahakuasa telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) , dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu , maka wanita yang sholih , ialah yang taat kepada Yang Mahakuasa lagi memelihara diri dikala suaminya tidak ada , karena Yang Mahakuasa telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kau khawatirkan nusyuznya , maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di kawasan tidur mereka , dan pukullah mereka. Kemudian kalau mereka menaatimu , maka janganlah kau mancari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Yang Mahakuasa Maha Tinggi lagi Maha Besar." (QS. An-Nisa: 34).

Ayat di atas menjelaskan bahwa suami yaitu pemimpin bagi istrinya. Maka sudah seharusnya istri mematuhi perintah suami , selama perintah tersebut tidak menyimpang dari jalan Allah.

1. Tabarruj

Tabarruj ialah seorang wanita yang menampakkan perhiasannya serta keindahan tubuhnya yang seharusnya ditutupi dari hal-hal yang dapat menarik syahwat kaum pria.

Dalam hadis lainnya , Rasulullah SAW bersabda perihal wanita penduduk neraka: "... dan wanita yang berpakaian tapi hakikatnya mereka telanjang , melenggak-lenggokan kepala mereka karena sombong dan berpaling dari ketaatan kepada Yang Mahakuasa dan suaminya , kepala mereka seakan menyerupai punuk onta. Mereka tidak masuk Surga dan tidak menerima wanginya Surga padahal wanginya mampu didapati dari perjalanan sekian dan sekian." (HR. Muslim dan Ahmad dari Abu Hurrairah r.a).

Intinya , banyak wanita penghuni neraka karena mereka suka memamerkan auratnya di depan orang lain yang bukan muhrim. Wanita yang sombong dengan harta kekayaannya juga akan dimasukkan ke dalam neraka.

Nah , itulah penjelasan kenapa di neraka banyak dihuni wanita. Rupanya , dosa sepele menyerupai tidak memakai hijab atau tidak mematuhi perintah baik suami , mampu mengantarkan seorang wanita ke depan pintu gerbang neraka.
loading...