Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Jika Menemukan Ini Jangan Beli Tabung Gas LPG 3 Kg

Tabung gas LPG 3 kg yang ada besi pemberat (foto: Facebook)

Beberapa waktu lalu sempat dihebohkan dengan beredarnya kabar praktik kecurangan para penjual tabung gas LPG 3 kg. Kabar itu diperkuat dengan sebuah foto tabung LPG 3 kg yang di adegan atasnya terdapat lempengan logam.

Menurut salah seorang netizen yang mengunggah foto tersebut di media umum , mengatakan bahwa lempengan logam itu digunakan untuk merakayasa berat tabungnya. Sehingga pelaku mampu mengurangi jumlah isi tabung dengan leluasa.

"Sekedar gosip saja Lurr , kalo beli gas 3 kg jangan diambil tabung ibarat yang saya tunjuk ini. sebab besi yang ditempel itu maksudnya untuk mengurangi berat gas. Terkadang ada juga yang hingga 3 tempelan besi. 1 tempelan itu beratnya 3 hingga 5 ons ," kata akun Weleri Reni Ra dalam postingan Facebook-nya.

Reni juga menjelaskan bahwa kalau tabung gas LPG 3 kg ada besi ibarat itu , maka tabung tersebut sudah masuk bengkel tabung dan dikurangi jumlahnya. Dia menyarankan untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum membeli tabung LPG 3 kg.

Sebelumnya , kecurangan penjualan gas 3 kg juga pernah terjadi. Mantan ketua Tim  Reformasi dan Tata Kelola Migas Faisal Basri menjelaskan bahwa setiap tabung gas 3 kg tidak diisi penuh dengan menyisakan ruang 5 hingga 10 persen. Diperkirakan para penjual pembangkang mendapat keuntungan sebesar Rp 300 dari setiap penjualan tabung LPG 3 kg.
loading...