Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]
Beranda · Teknologi · Olahraga · Hiburan · Gaya Hidup

Seperti Inilah Berbagai Zaman Pada Era Dinasaurus

Dinosaurus ialah sejenis reptil purba yang sudah lama punah dan hanya dikenali dari fosil-fosilnya saja. Dinosaurus berasal dari kata "Deinos" yang berarti seram dan "Sauros" yang berarti kadal. Sejauh ini fosil dinosaurus telah ditemukan di seluruh penjuru dunia ,mulai dari benua Amerika , Asia , Eropa , Australia , Afrika , bahkan hingga ke Antartika.

Fosil mereka beraneka macam , mulai dari yang ukurannya tak lebih dari seekor ayam hingga seukuran gedung bertingkat lima. Dinosaurus hidup dalam periode Mesozoikum , yang merupakan satu dari tiga periode geologi dalam sejarah bumi selain periode Palaeozoikum dan Senozoikum. Era ini terbagi menjadi tiga zaman , yaitu Triasik , Jurassik , dan Kretaseus atau lebih dikenal dengan Zaman Kapur.

Zaman Triasik

Seperti Inilah Berbagai Zaman Pada Era Dinasaurus

Zaman Triasik ini dimulai pada 251 - 200 Juta tahun yang lalu. Zaman ini di bagi 3 , yaitu Triasik awal , Triasik Pertengahan , dan Triasik Akhir. Dinosaurus belum muncul pada zaman Triasik awal. Pada masa ini , seluruh daratan di dunia bergabung menjadi satu benua super besar yaitu Pangaea. Pada masa ini hampir 80% wilayah bumi ialah padang pasir. Hewan utama yang ada pada masa ini ialah sekelompok reptil mirip mamalia yang termasuk keluarga Cynodont dan Rhyncosaurus.

Pada masa pertengahan Triasik , dinosaurus mulai muncul. Namun , dinosaurus hanya ada sekitar 10% dari keseluruhan hewan darat. Dinosaurus tertua diketahui merupakan dinosaurus pemakan daging. Salah satunya ialah Eoraptor. Panjangnya hanya 1 meter dan tinggi tidak lebih besar dari seekor rubah. Fosil mereka ditemukan di batuan Pertengahan zaman Triasik sekitar 230 Juta tahun yang lalu di Valley Of The Moon , Argentina.

Pada Triasik Akhir , Dinosaurus pemakan tumbuhan pertama yang paling lebih banyak didominasi berasal dari keluarga prosauropoda , mirip Plateosaurus , Riojasaurus , Thecodontosaurus , dan Mussaurus mulai muncul. Mereka ialah dinosaurus terbesar pada masa Triasik.

Zaman Jurassik

Seperti Inilah Berbagai Zaman Pada Era Dinasaurus

Zaman Jurassik berlangsung antara 200 - 145 Juta tahun yang lalu. Pada masa ini , Pangaea mulai terpecah , namun Amerika Selatan , Afrika , dan India masih menyatu. Pada masa ini , iklim mulai hangat dan aneka macam jenis tamanam mulai muncul. Gurun pasir mulai menghilang digantikan oleh hutan yang amat lebat. Hewan mirip Archosaurida dan Rhyncosaurus telah punah digantikan oleh Dinosaurus.

Dinosaurus pada masa Jurassik awal masih berukuran kecil , walaupun ada juga yang mulai berukuran besar , mirip Barapasaurus dan Shunosaurus yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang 8 meter , dan beberapa spesies dinosaurus pemakan tumbuhan gres mulai bermunculan , mirip Scelidosaurus dan Heterodontosaurus. Beberapa dinosaurus pemakan daging besar mulai muncul , bahkan hingga ke Antartika mirip Cryolophosaurus.

Menjelang pertengahan Jurassik , muncul spesies gres yang kelak akan menjadi dinosaurus terbesar sepanjang masa. Mereka ialah Sauropoda. Sauropoda ialah pemakan tumbuhan utama pada masa Jurassik. ukuran mereka dapat dibilang raksasa. Salah satu jenis Sauropoda , yaitu Seismosaurus , dapat mencapai panjang 60 meter , tinggi 10 meter , dan berat dapat mencapai 90 ton.

Pada pertengahan masa Jurassik , dinosaurus sudah mulai tersebar di seluruh belahan dunia , bahkan hingga ke Asia. Dan pada masa Jurassik Akhir , jelaslah bahwa dinosaurus lah yang mendominasi bumi.

Zaman Kretaseus

Seperti Inilah Berbagai Zaman Pada Era Dinasaurus

Zaman Kretaseus berlangsung 145 - 65 Juta tahun yang lalu. Zaman Kretaseus atau Zaman Kapur dibagi menjadi dua zaman , yaitu Kretaseus awal dan Kretaseus akhir. Pada masa Kretaseus Awal , bentuk bumi hampir sama dengan zaman Jurassik Akhir , hanya saja benua-benua mulai bergerak menjauh satu sama lain. Pada masa ini , jumlah dinosaurus mulai semakin bertambah banyak , mirip munculnya beberapa dinosaurus gres mirip Ceratopsida pertama mirip Psittacosaurus.

Pada masa Kretaseus Akhir , Pangaea sudah benar-benar terpecah dan bentuk-bentuk benua di bumi mulai mirip dengan bumi pada zaman modern. Amerika Utara terbelah menjadi dua bagian. Bagian timur tergabung dengan Eropa , sedangkan episode Barat terhubung dengan Asia di sebelah utara , sehingga menyebabkan beberapa dinosaurus di kedua benua tersebut mirip. Salah satunya ialah keluarga Tyrannosaurida yang merupakan salah satu dinosaurus karnivora terbesar yang pernah ada.

Pada masa Kretaseus Akhir juga muncul spesies dinasaurus gres yaitu Ankilosaurida. Ankilosaurida ialah dinosaurus yang paling terlindungi. Hampir badan mereka ditutupi oleh pelat yang sangat keras. Beberapa spesies mempunyai duri di sepanjang sisi badan mereka , mirip Sauropelta dan Gastonia , namun ada juga yang bahkan mempunyai semacam pemukul di ujung ekornya , mirip Ankylosaurus.

Beberapa Sauropoda juga berevolusi menjadi spesies gres , yaitu Titanosaurida , walaupun beberapa Sauropoda mulai punah. mereka tersebar dari Amerika Selatan , Afrika , India , hingga Eropa. Beberapa tumbuh sangat besar , mirip Argentinosaurus dan Paralititan , sementara yang lain bahkan hanya berukuran 6 meter saja , mirip Magyarosaurus. Ceratopsida telah berevolusi dengan berbagi tanduk di moncongnya dang bentuk kepala yang bervariasi , Seperti Styracosaurus yang mampunyai jumbai yang dihiasi duri-duri berukuran besar yang mungkin digunakan untuk hiasan.

ZAMAN KEPUNAHAN MASSAL

Seperti Inilah Berbagai Zaman Pada Era Dinasaurus

Pengertian dasar dari kata punah ialah hilangnya suatu spesies tertentu dari muka Bumi alasannya ialah penyebab tertentu. Hal ini juga terjadi pada zaman dinosaurus. Jika dihitung , lama dinosaurus menguasai Bumi ialah sekitar 165 Juta tahun. Namun , tiba-tiba seluruh makhluk cantik ini lenyap dari bumi. Kini , kita hanya mengetahui dinosaurus dari film dan buku saja.

Bukan hanya dinosaurus saja yang punah. Reptilia mirip Pterosaurus , Pliosaurus , Ichthyosaurus , dan beberapa spesies lainnya juga ikut punah. Banyak teori yang bermunculan berkaitan dengan punahnya dinosaurus dari muka bumi. Ada yang teorinya masuk logika , bahkan ada yang mungkin menurut beberapa orang dianggap konyol.

Dibawah ini ada beberapa alasan yang menyebutkan kepunahan dinasaurus beberapa diantaranya :

- Perubahan iklim yang mendadak

Bila diamati baik-baik , hampir diseluruh benua pada periode Mesozoikum non es. Ini menyebabkan di Bumi seakan-akan hanya memiliki dua isu terkini , yaitu isu terkini kering dan isu terkini hujan. Namun , pada awal masa Kretaseus , bumi mulai mengalami perubahan. Australia semakin mendekat dengan Antartika yang berada di sebelah selatan bumi.

Ini menyebabkan beberapa wilayah di Australia masuk ke dalam Lingkaran Antartika yang menyebabkan wilayah ini juga mengalami isu terkini masbodoh yang berkepanjangan selama 8 bulan. Ini mungkin terjadi 65 Juta tahun yang lalu. Dinosaurus yang berdarah masbodoh tidak bisa menyesuaikan diri dengan perubahan suhu yang teramat ekstrim , sehingga beberapa dinosaurus mati alasannya ialah penurnan suhu.

- Telur dimakan oleh mamalia

Beberapa mamalia pertama mulai muncul pada pertengahan masa Triasik. bentuk mereka masih primitif dan beberapa sangat ibarat tikus. mereka biasa menjadi makanan beberapa dinosaurus karnivora pertama. beberapa fosil menyebutkan bahwa mereka ialah hewan nokturnal atau biasa beraktivitas pada malam hari. Beberapa mungkin ada yang memakan telur dinosaurus , tapi tidak ada bukti yang menyebutkan bahwa mamalia-lah yang menyebabkan dinosaurus punah.

- Jatuhnya Asteroid ke Bumi

Beberapa bukti bahwa asteroid pernah beberapa kali membentur Bumi telah ditemukan , mirip Kawah Arizona yang diperkirakan terbentuk 10.000 Tahun yang lalu dan Kawah Chixculub di Semenanjung Yucatan , Meksiko yang diperkirakan terbentuk sekitar 65 Juta tahun yang lalu , sama dengan perkiraan kapan dinosaurus terakhir punah. Teori inilah yang paling banyak diterima oleh masyarakat dan para peneliti. Berdasarkan hasil penelitian , kita dapat menggambarkan bagaimana kepunahan dinosaurus akhir jatuhnya asteroid.

Para ilmuwan bertanya-tanya , mengapa dinosaurus dan hewan prasejarah lainnya punah sementara yang lainnya enggak  Itu ialah pertanyaan yang bahkan hingga dikala ini masih diteliti oleh para ilmuwan. Mungkin esok , atau lusa , suatu hari nanti , ada seseorang yang dapat memecahkan misteri alam ini.
loading...