Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Mengurangi Noise Pada Foto Dengan Photoshop

PENGETAHUAN - Noise pada foto seringkali menjadi duduk perkara tersendiri yang menimbulkan foto menjadi kurang menarik dan tampak tidak maksimal. Kurangnya cahaya pada ketika proses pengambilan foto menjadi penyebab munculnya noise yang memaksa kamera untuk menggunakan ISO pada angka yang tinggi. Berikut yaitu cara untuk mengurangi noise pada foto semoga tampak lebih baik dari sebelumnya:

Di dalam tutorial photoshop ini saya akan membahas mengenai cara menghilangkan noise pada foto dengan photoshop dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalamnya sehingga hasil foto yang ambil mampu diperbaiki kualitasnya dengan cara mengurangi noise yang ada di dalamnya. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Cara Mudah Menghilangkan Noise pada Foto dengan Photoshop


Menghilangkan Color Noise pada Foto dengan Photoshop


 Perhatikan gambar berikut. Terlihat ada aneka macam noise pada adegan foto yang tampak gelap. 

Cara Menghilangkan Noise 

Perlu diketahui bahwa ada tiga jenis noise yang mampu diminimalisir dengan menggunakan photoshop. Salah satu diantaranya yaitu Color Noise yang biasanya muncul dengan warna RGB (Red, Blue Green) menyerupai yang ada pada foto gorilla di atas. Mari kita lihat bersama apa yang mampu dilakukan fitur Reduce Noise pada photoshop. Pertama-tama buka foto yang ingin diedit, kemudian untuk mengurangi noisenya kita mampu menuju menu Filter>Noise>Reduce Noise... Maka akan muncul sebuah dialog box dimana ada beberapa pengaturan berikut penjelasannya:

Cara Menghilangkan Noise pada Foto dengan Photoshop 

Kolom Strength dan Preserve Details digunakan untuk mengurangi Luminance Noise (noise dalam gelap terang).
Kolom Reduce Color Noise untuk mengurangi Color Noise (noise dalam warna)
Kolom Sharpening Details untuk menambah ketajaman foto.
Nah, kalau ingin mengurangi efek Color Noise mampu menggunakan kolom Reduce Color Noise saja. Tinggal atur angkanya hingga noise pada foto tampak berkurang.
Lalu bagaimanakah cara menghilangkan Luminance Noise? Berikut penjelasannya:

Menghilangkan Luminance Noise pada Foto dengan Photoshop


Berbeda dengan Color Noise yang terbentuk dari beberapa warna, Luminance Noise terbentuk dari perpaduan gelap terang (hitam, putih dan abu-abu) nah sekarang kita sama-sama mempelajari bagaimana cara menghilangkan Luminance Noise dengan photoshop. Perhatikan foto berikut:
Cara Menghilangkan Noise pada Foto dengan Photoshop 

Foto diatas memiliki Luminance noise pada beberapa area yang tampak gelap. Sekarang kita menuju menu Filter>Noise>Reduce Noise.

Menghilangkan Noise

Menghilangkan Luminance Noise ditempuh dengan dua langkah. Langkah yang pertama kita harus mengatur nilai Strength pada 0% kemudian secara perlahan kita geser kearah kanan hingga terllihat noise tampak berkurang. Pastikan mata fokus pada kolom preview hingga menerima hasil yang inginkan. Langkah kedua, pada kolom Preserve Details geser perlahan ke arah kanan untuk mengatur keseimbangan antara pengurangan noise dan detail pada foto alasannya yaitu konsekuanse dari meminimalisir noise yaitu berkurangnya ketajaman foto.
loading...