Megalodon Ikan Hiu Terbesar di Dunia


 megalodon hiu terbesar di dunia
Bayangkan ikan hiu bergigi tajam dengan panjang 25 M, seberat 100 ton. Bersyukurlah bahwa Ikan hiu terbesar di dunia ini mungkin telah punah 1.5 juta tahun yang lalu, bila tidak mungkin adengan di film Jaws bisa jadi kenyataan. Carcharocles megalodon, dalam bahasa yunani berarti gigi besar. Nama ini tidaklah salah, karena megalodon memiliki lebih dari 100 gigi yang setiap giginya bisa berukuran 18cm.
Ukuran megalodon jauh melebihi ikan hiu paus (whale shark), ikan terbesar di dunia yang hidup di masa sekarang, yang panjangnya hanya mencapai 15 m, namun tetap lebih kecil dari binatang terbesar di dunia, yaitu ikan paus biru yang panjangnya mencapai 33 M.
Makanan megalodon adalah ikan paus, lumba lumba, penyu dan binatang laut lainnya. Kekuatan giginya yang dapat menghancurkan cangkang penyu dengan mudahnya. Ikan hiu terbesar ini adalah pemangsa terbaik yang pernah ada , didukung oleh kekuatan, kecepatan dan giginya.
Salah satu penyebab kepunahannya diduga adalah berkurangnya populasi paus yang merupakan makanan utama hiu terbesar ini. Ada juga yang menduga megalodon tidak mampu bertahan hidup pada jaman es (ice age).
Ukuran gigi Megalodon
gigi_megalodon

sumber:http://www.gonjangganjing.com/fenomena-alam/megalodon-ikan-hiu-terbesar-di-dunia/