Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Top 10 Fighting Game



Fighting game termasuk dalam salah satu genre tertua dalam dunia video games. Cikal bakal game fighting berawal dari game sport bertema tinju pada mesin arcade keluaran Sega berjudul Heavyweight Champ, yang dirilis pada tahun 1976 dengan graphic hitam putih. Game pertama dari genre fighting adalah milik developer Victronics, berjudul Warrior (1979), yang menggunakan vector graphics dari dua orang knight yang bertarung melalui overlay dengan perspektif atas ke bawah.



Heavyweight Champ

Selanjutnya genre fighting game nyaris tak pernah terdengar gaungnya dalam kancah awal hidup video games di era '80-an, namun sekitar tahun 1984, Data East merilis sebuah game bergenre fighting berjudul Karate Champ. Karate Champ adalah game fighting pertama yang menggunakan sistem two-player fighting game, yang otomatis memerlukan dua joysticks untuk control nya.


Karate Champ

Mengikut kesuksesan game Karate Champ, Konami merilis Yie Ar Kung-Fu, pada tahun 1985 dengan impressive graphic (pada waktu itu) yang memiliki detail background pada arena pertarungan.


Yie Ar Kung-Fu

Seiring perkembangan dunia video game dari masa ke masa, genre ini sempat mengalami berbagai peristiwa peralihan, ketenaran, kejatuhan dan beragam improvisasi dari para developer. Sepanjang masa sejak kemunculannya di awal '80 hingga sekarang terdapat banyak sekali jenis dan judul game fighting yang beredar serta menjadi hits namun ada 10 judul game bergenre fighting yang hingga kini masih tetap bertahan dengan kelanjutannya namun ada juga sebagian yang cuma muncul sekali namun akan tetap dikenang dalam hati setiap gamer penggemar genre fighting.

Berikut ini adalah 10 game fighting terbaik dan paling berkesan sepanjang masa versi Gamexeon.com.

10. Guilty Gear Series


Guilty Gear menggunakan graphic 2D bertema anime. Muncul pertama kali untuk console Playstation di Jepang pada 14 Mei 1998. Gameplay game ini meliputi 6 button layout: Punch, Kick, Slash, H-Slash, Taunt dan Respect. Juga terdapat special-moves yang disebut Chaos Attacks serta air-combo system, untuk bertarung di udara.

Ceritanya sendiri seputar tentang The Second Sacred Order Tournament, yang di ikuti oleh para karakter dengan masing-masing alasan. Turnamen ini pun diadakan untuk mengalahkan Testament yang berencana menghancurkan kehidupan umat manusia.

Sol Badguy dan Ky Kiske adalah dua orang karakter paling populer dalam seri ini. Hingga kini game Guilty Gear masih tetap eksis, seri terbarunya dirilis untuk console XBOX 360 berjudul Guilty Gear 2: Overture dengan sistem combat terbaru tentunya.

09. Kakuto Chojin


Game ekslusif milik consol XBOX pertama ini pada awal rilisnya di tahun 11 November 2002 sempat menghebohkan karena pada musik pengiring battle disertai iringan suara adzan (panggilan sholat untuk umat muslim).

Latar belakang cerita game ini sangat tidak jelas, hanya berkisar antara dendam kesumat diantara para karakternya. Yang paling ditonjolkan dalam game ini adalah polesan graphic 3D yang dipakaikan baik untuk seting lingkungan maupun bentuk tubuh karakter yang dibuat sedemikian menawan pada jamannya.

Tak lupa juga disertai dengan feature control yang simple dan mudah namun effek yang ditampilkan demikian realistis. Sayang nya Microsoft enggan melanjutkan game ini ke seri selanjutnya.

08. Def Jam Series


Def Jam pada awalnya adalah game bergenre sport wrestling, namun pada perkembangannya game ini menjadi game bergenre fighting freestyle. Ini terlihat jelas pada game terbarunya Def Jam Icon dimana kita bisa menggabung-gabungkan berbagai jenis bela diri.

Yang unik dari seri ini adalah kehadirannya yang selalu dipenuhi dan didukung para musisi hiphop, tak heran disepanjang permainan kita akan dihibur oleh beragam musik hiphop yang membuat badan ikut bergoyang mengikuti iramanya.

Tak sampai hanya disitu, game ini juga dilengkapi dengan fitur kostumisasi karakter. Design graphic untuk karakter yang realistis dan lingkungan sekitar pertarungan yang bisa hacur juga menambah keasyikan dalam memainkan game ini.

07. King of Fighter Series



Game pertamanya The King of Fighters '94 dirilis oleh SNK pada 25 Agustus 1994. Game ini awalnya hanya dilengkapi dengan beragam karakter dari game milik SNK sebelumnya, Fatal Fury dan Art of Fighting. Game bertampilan sprite 2D ini masih tetap yang terpopuler hingga saat ini dengan jumlah jutaan fans fanatik di seluruh dunia.

Game ini bisa dikatakan sangat rutin mengeluarkan update game terbarunya setiap tahun sejak tahun 1994 hingga tahun 2003. Pada tahun 2005 SNK mengganti kebiasaan penggunaan judul dengan menggunakan tahun menjadi angka romawi. The King of Fighters XI, rilis pada 26 Oktober 2005. Sedangkan game terbarunya, The King of Fighters XII, direncanakan akan dirilis pada bulan April 2009.

SNK pernah membawa game ini ke arah game fighting 3D berjudul KOF: Maximum Impact di tahun 2004, namun kurang mendapat sambutan dari para penggemar yang lebih menyukai tampilan 2D untuk game ini.

06. Mortal Kombat Series


Game fighting brutal ciptaan Ed Boon and John Tobias, muncul pertama kali pada tahun 1992 untuk arcade. Dikembangkan oleh Acclaim Entertainment yang sekarang dikenal dengan nama Midway. Game yang sedikit banyak dipengaruhi oleh film Bruce Lee Enter The Dragon, film Van Damme Blood Sport serta game Street Fighter ini mengetengahkan tema yang sedikit berbeda dari game bergenre fighting lainnya. Lebih brutal ... lebih gore dengan Fatality move disetiap akhir pertarungan.

Awalnya game ini menggunakan tampilan 2D yang dirender menggunakan model, seiring perkembangan teknologi graphic, Mortal Kombat beralih ke tampilan 3D murni. Hingga saat ini tercatat sudah 14 judul Mortal Kombat yang meramaikan genre fighting video games, baik yang merupakan seri utama maupun seri spinn off nya serta sebuah cross-over yang gagal Mortal Kombat VS DC Universe.

Kebiasaan unik yang menyertai game Mortal kombat adalah disertakannya beragam mini game di sela permainan yang disebut Test Your Might, serta permainan catur. Fitur lain adalah adanya unlockable item yang bisa dibuka dengan menukar koin saat usai bertarung disepanjang permainan.

05. Dead or Alive Series


Game besutan Tomonobu Itagaki ini meraih kesuksesan besar saat dirilis pertama kali di Arcade sistem pada November 1996. Dan berkat kesuksesan ini maka game Dead or Alive pertama di port ke console Sega Saturn pada Juli 1997 dan Playstation pada Maret 1998.

Selanjutnya bisa ditebak, game dengan kesuksesan besar akan terus berlanjut dengan banyak sequel, hingga kini Dead or Alive telah mencapai seri ke 4 nya, dengan berbagai versi pada beberapa portnya. Serta 2 (dua) seri spin-off nya yang mengambil genre sport Dead or Alive Xtreme Beach Volleyball.

Cerita dari game ini masih berputar di sekitar Dead or Alive tournament yaitu sebuah turnamen bela diri yang diadakan oleh DOATEC (Dead or Alive Tournament Executive Committee). Disinyalir perusahaan ini memiliki maksud tertentu dalam penyelenggaraan turnamen tersebut, yaitu pengembangan ultimate bio-weapon.

Kelebihan utama yang dimiliki game ini dan tidak dimiliki kebanyakan game fighting lain adalah adanya arena yang bertingkat atau ganda, hingga saat kita memukul lawan dengan keras dan menghantam pembatas arena pertama akan bisa berpindah ke arena berikutnya.

04. Soul Calibur Series


Cerita hikayat pedang ini berawal dari sebuah game arcade berjudul Soul Edge yang dirilis pada bulan April di tahun 1996. Pada 20 Desember 1996, Soul Edge di port untuk Sony PlayStation dan pada versi US nya game ini diberi judul Soul Blade yang hadir satu tahun setelah rilis di Jepang.

Setelah kesuksesan game pertamanya, maka pada 30 Juli 1998 dirilislah sequel dari game ini untuk mesin Arcade, dengan diberi judul Soul Calibur yang kemudian pada 5 Agustus 1999 game keduanya dirilis untuk console Dreamcast milik Sega.

Selanjutnya game ini terus mendapat kesuksesan disetiap seri rilisnya, dan pada seri ke duanya, Namco sang developer sekaligus publisher game ini menyertakan perbedaan karakter tambahan untuk perilisan setiap platform yang berbeda. Karakter Heihachi Mishima untuk versi Playstation 2, Link untuk Gamecube dan Spawn untuk XBOX.

Pada seri ke-tiga nya terdapat improvement besar-besaran, baik untuk graphic maupun gameplay. Juga terdapat kostumisasi karakter untuk pertama kali dalam game ini. Serta beberapa tambahan karakter baru.

Diantara seri ke-tiga dan ke-empat, Namco merilis sebuah spin-off berjudul Soulcalibur Legends yang mengambil setting waktu antara akhir Soul Edge dengan Soul Calibur, menceritakan tentang tokoh Siegfried Schtauffen yang berubah wujud menjadi Nightmare.

Di sequel ke-empatnya, Soul Calibur kembali mendapat dua versi berbeda dalam hal karakter. Darth Vader untuk Playstation 3 dan master Yoda untuk versi XBOX 360. Disertakan juga mode create a character yang bisa di kostumisasi mulai dari bentuk fisik, pakaian, aksesoris hingga jurus pilihan.

03. Virtua Fighter Series


Virtua Fighter pertama dirilis untuk mesin arcade pada tahun 1993 milik Sega, yang pada 22 November 1994 di port untuk console milik Sega Saturn. Kemudian berturut-turut dirilis untuk platform lainnya seperti PC.

Game ini menggunakan graphic 3D dengan gerakan-gerakan yang luar biasa pada masa itu. Sehingga tak heran jika game ini menjadi berbagai inspirasi kreator game lain untuk menciptakan game-game fighting sejenis.

Pada seri selanjutnya dari game ini masih dimiliki oleh Sega dan dirilis untuk console-console mereka sepert Sega Saturn, Sega Genesis hingga Sega Dreamcast. Hingga pada tahun 2002 saat Sega mengalami kesulitan keuangan akibat dampak kegagalan console mereka, Dreamcast. Sega memutuskan untuk beralih pengembangan software dan arcade saja dan tidak mengembangkan console lagi.

Game Virtua Fighter 4 pun selain masih dirilis di arcade milik Sega akhirnya hadir di console Sony Playstation 2. Yang kemudian mendapat update dengan beragam improvement dalam Virtua Fighter 4: Evolution.

Selanjutnya Game terbaru Virtua Fighter 5 yang terbaru kembali dirilis pada tahun 2006, masing-masing untuk arcade pada 12 juni 2006, Playstation 3 pada 8 Februari 2007 dan XBOX 360 pada 30 Oktober 2007. Dalam seri terbarunya ini game Virtua Fighter masih memegang pakem awal kehadirannya, penghormatan total untuk seni bela diri, semua teknik ilmu bela diri di buat sebagai mana realitas nya di dunia nyata. Dengan graphic yang mendukung resolusi hingga 1080p dan fitur kostumisasi karakter serta multiplayer online sebagai andalannya.

02. Tekken Series


Heihachi Mishima, pemilik dari perusahaan multi-national Mishima Zaibatsu, menyelenggarakan King of the Iron Fist Tournament, sebuah kompetisi fighting dengan hadiah jutaan dollar. Maka berdatanganlah para petarung dari berbagai penjuru dunia untuk memperebutkan hadiah tersebut, dengan maksud dan tujuan masing-masing tentunya. Kira-kira seperti itulah garis besar cerita dalam game Tekken pada setiap serinya. Terutama diantara empat generasi Mishima, Heihachi, Kajuya, Jun, Jin dan sang kakek Jinpachi.

Game pertama Tekken dirilis Namco untuk arcade mereka pada 9 Desember 1994 yang kemudian di port untuk console Playstation pada Maret 1995. berangkat dari kesuksesan tersebut game ini hampir bisa dipastikan akan terus mendapat sequel.

Tekken 2 dirilis untuk arcade pada Agustus 1995, yang kemudian diikuti port untuk Playstation pada 29 Maret 1996. Kemudian berlanjut dengan Tekken 3 untuk arcade yang dirilis pada Maret 1997 dan port untuk console Playstation pada 19 Mei 1998. Menyertai perilisan console Playstation 2 yang menggemparkan, Tekken Tag Tournament dirilis pada 30 Maret 2000 yang setahun sebelumnya telah dirilis pada arcade, ini adalah satu-satunya game Tekken dengan karakter terbanyak dan tanpa cerita. Selanjutnya Tekken Advance untuk Gameboy Advance dirilis pada 21 Desember 2001, mengambil langsung plot pada Tekken 3. Tekken 4 dirilis pada Juli 2001 untuk arcade dan di port untuk Playstation 2 pada 28 Maret 2002. Tekken 5 dirilis pada Desember 2004 untuk mesin arcade dan port untuk Playstation 2 nya dirilis pada 24 Februari 2005.

Selanjutnya Tekken 5: Dark Resurrection yang merupakan update dari versi arcade dirilis untuk Playstation Portable (PSP) pada 6 Juli 2006, selanjutnya game ini juga dijual untuk Playstation 3 via PSN.

Game Tekken sejak seri ke-tiga memiliki sebuah mode istimewa berupa minigame yang disebut Tekken Force modes pada Tekken 3 dan pada Tekken 4 disebut Devil Within yang merupakan sebuah game bertema beat 'em up.

Hingga saat artikel ini dirilis Tekken akan mendapat sebuah squel terbarunya yaitu Tekken 6. Tekken 6 sendiri telah dirilis di arcade pada 26 November 2007 di Jepang. Dan pada 18 Desember 2008 telah mendapat update terbarunya yaitu Tekken 6: Bloodline Rebellion dengan berbagai tambahan new characters, stages, items dan customization options.

Sedangkan port Tekken 6 untuk Playstation 3 dan XBOX 360 akan dirilis pada 27 Oktober 2009. Jika tidak ada penundaan tentunya.

01. Street Fighter Series


Game pertama Street Fighter rilis pertama pada mesin arcade di Jepang pada bulan Agustus 1987. Pada saat itu game ini bisa disebut nyaris tak ada peminatnya. Namun pada sequel ke-duanya, Capcom melalui tangan Akira Nishitani dan Akira Yasuda merombak konsep awal game ini.

Tak dinyana pada sequel keduanya yang dirilis pada Maret 1991 game ini sukses luar biasa memenuhi berbagai arcade center di seluruh penjuru dunia. Setelah bertahun-tahun kemudian game ini selalu meraih kesuksesan dan ditunggu-tunggu kehadirannya oleh para gamer penggemar nya.

Cerita game ini bercerita tentang turnamen bela diri yang diselenggarakan oleh kelompok kriminal bernama Shadoloo yang dipimpin oleh M.Bison (Vega dalam versi jepang-nya). Beberapa petarung pun berdatangan mengikuti turnamen tersebut. Dengan maksud dan tujuan masin-masing tentunya.

Karakter-karakter dalam game Street Fighter adalah karakter yang memorable sekali, beberapa karakter yang melegenda tersebut diantaranya :

Ryu
Ken
E. Honda
Chun-Li
Blanka
Zangief
Guile
Dhalsim
Balrog (M.Bison pada versi Jepang)
Vega (Balrog pada versi Jepang)
Sagat
M. Bison (Vega pada versi Jepang)

Hingga saat ini game Street Fighter memang baru mencapai seri ke-empat, namun game ini memiliki update versi game hingga berpuluh-puluh judul serta beragam cross-over dengan game fighting lainnya.

Street Fighter pernah mencoba peruntungannya dengan mencoba beralih dari tampilan 2D ke 3D, lewat serinya Street Fighter EX. Namun kurang mendapat respon dari para penggemarnya. Sehingga pada seri ke-empatnya ini Capcom mencoba dengan tampilan 2,5D dan nampaknya ini lebih disukai oleh penggemarnya.

Sumber:http://gamexeon.com/forum/console-article/53251-top-10-fighting-game.html
loading...