5 tsunami terdahsyat yang pernah hampir membuat bumi berantakan

Istilah tsunami pastinya sudah cukup akrab di telinga banyak orang. Tapi, soal megatsunami, ternyata tak semua orang tahu. Ya, seperti namanya, ini adalah tragedi tsunami tidak biasa di mana levelnya lebih tinggi lagi. Tak hanya menghasilkan dampak yang sangat parah, secara fisik megatsunami memiliki ketinggian gelombang berkali-kali lipat dari yang biasa.


Bumi pernah mengalami beberapa kali megatsunami. Tragedi ini muncul di beberapa masa dalam rentang waktu jutaan tahun lalu sampai sekitar 20 tahun belakangan. Megatsunami terjadi tak terlalu sering terjadi, namun sekalinya muncul ia menimbulkan kerusakan yang tidak karuan. Di samping lantaran penyebab kemunculannya juga langka.

Dilansir laman Boombastis.com, berikut ada 5 tsunami terdahsyat yang pernah terjadi hampir membuat bumi berantakan

1. Ibu Tsunami, Megatsunami Paling Dahsyat Sepanjang Masa


Bumi pernah mengalami kejadian parah yang nyaris membuat semua makhluk hidup tewas. Ya, kembali ke sekitar 66 juta tahun lalu, ada sebuah tragedi megatsunami yang benar-benar luar biasa dan membuat kerusakan masif. Sebuah tsunami diklasifikasikan ke dalam kelas mega jika tingginya lebih dari 100 meter. Nah, yang satu ini jauh lebih tinggi lagi.

Percaya atau tidak, megatsunami satu ini diperkirakan oleh para peneliti mencapai tinggi sekitar 5 kilometer. Tak bisa terbayangkan gelombang setinggi itu. Maka tak heran ketika terjadi, megatsunami ini hampir menyapu sebagian besar daratan di muka bumi. Inilah adalah megatsunami paling parah. Makanya, kemudian peneliti menjulukinya sebagai Ibu Tsunami.

2. Megatsunami Chesapeake, Sangat Mematikan dan Berulang-Ulang


Salah satu alasan kenapa hewan-hewan prasejarah musnah adalah lantaran asteroid. Nah, siapa sangka jika benda angkasa ini ternyata juga jadi penyebab terjadinya bencana besar lainnya. Seperti yang disebut oleh peneliti dengan tragedi Megatsunami Chesapeake. Para ahli yakin jika tsunami super ini terjadi lantaran asteroid berdasarkan bukti-bukti yang ada.

Tak dikatakan dengan gamblang seberapa gila megatsunami ini. Namun, diyakini ia juga tak kalah mematikan dengan memiliki ketinggian ratusan meter. Ngerinya, megatsunami ini tak cuma sekali terjadi tapi berulang-ulang. Kejadian ini sendiri berlangsung di sekitar 35 juta tahun lalu.


3. Megatsunami Eltanin, Salah Satu yang Paling Parah Dalam Sejarah Bumi



Asteroid tak hanya jadi penyebab terjadinya Megastunami Chesapeake tapi juga Eltanin. Kejadian ini sendiri berlangsung sekitar 2,5 juta tahun yang lalu. Sama seperti megatsunami yang lain, Eltanin juga memiliki ketinggian yang sangat gila. Menurut peneliti, setidaknya ia memboyong gelombang setinggi 200an meter.
Dampaknya bagi makhluk hidup juga cukup parah. Megatsunami Eltanin menghempaskan makhluk hidup yang mendiami pulau-pulau yang ada di kawasan samudera pasifik. Tak hanya menciptakan megatsunami, asteroid yang berukuran diameter 4 kilometer ini juga berhasil menciptakan lubang tabrakan di pasifik seluas 35 km.


4. Lituya, Megatsunami Terparah yang Menimpa Amerika



Tak hanya terjadi di masa lalu, megatsunami juga tercatat pernah muncul di era modern. Dan salah satu yang paling parah pernah terjadi di Amerika, tepatnya di Teluk Lituya, Alaska. Megatsunami ini disebabkan oleh gempa bumi hebat lalu tak lama kemudian tercipta megatsunami super parah.

Tingginya sendiri tak terkira yakni mencapai sekitar 520 meter. Megatsunami ini pun menghempaskan segala hal yang ada di sekitar teluk Lituya. Ajaibnya, kejadian yang terjadi di tahun 50an ini hanya menewaskan tak lebih dari 5 orang saja


5. Megatsunami Vajont yang Membuat Italia Merana


Pada umumnya, tsunami selalu berhubungan dengan laut. Tapi, kejadian satu ini tidak demikian. Jadi, Italia pernah jadi korban megatsunami lantaran sebuah waduk. Awal mulanya, pemerintah sana membangun sebuah dam untuk membendung aliran sungai dari sebuah gunung. Bendungan ini sendiri cukup tinggi, yakni mencapai lebih dari 250 meter. Di bagian bawah waduk ini terdapat desa-desa yang ditinggali ribuan orang.

Bencana terjadi ketika beton yang menahan airnya mulai retak dan akhirnya hancur karena desakan air. Hal ini kemudian menciptakan megatsunami dengan ketinggian ratusan meter. Air membuncah dengan ganas dan menerjang desa-desa yang ada di bawahnya. Ketika itu, hampir sebagian desa di kaki gunung lenyap. Korban manusianya sendiri diperkirakan mencapai 2000an orang.

Sumber