Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Bos Facebook Cuma Digaji 1 Dolar per Tahun

Mark Zuckerberg Bos Facebook Cuma Digaji 1 Dolar per Tahun ?
Dokumen Penawaran Saham Perdana (Initial Public Offering) menyebutkan rincian gaji dasar anggota tim Facebook, termasuk pendirinya, Mark Zuckerberg. Dokumen ini juga menyebutkan persetujuan para bos Facebook atas permintaan Zuckerberg yang menghendaki digaji US$ 1 per tahun.
Gaji sedolar dalam setahun ini mengingatkan pada keputusan mendiang Steve Jobs ketika memimpin Apple. Zuckerberg memang merupakan penggemar Jobs sehingga diduga soal gaji pun ia terinspirasi dari idolanya.
Meski gaji pokok hanya sedolar, kantong Zuckerberg dipastikan tak akan kering. Dokumen penawaran saham perdana, seperti dimuat dalam situs www.sec.gov, menyebutkan sejumlah bonus seperti bonus pribadi, bonus berdasarkan kinerja individu, dan perusahaan.
Zuckerberg telah mengeruk penghasilan berlimpah dari Facebook. Pada 2011, pemuda 27 tahun ini mendapat gaji US$ 483.333 plus bonus US$ 220.500. Zuckerberg juga mendapat kompensasi lain US$ 783.529, seperti fasilitas pesawat pribadi termasuk biaya penumpang, bahan bakar, kru pesawat, dan katering.
Pesawat eksklusif Zuckerberg digunakan untuk “program keamanan dan perjalanan keluarga dan teman-temannya selama 2011. “Dan… masih ada lagi pengeluaran sebesar US$ 90.850 untuk segala hal yang berhubungan dengan lahan dan perencanaan keuangan.
Selain bonus, Zuckerberg juga masih memiliki 28,4 persen saham. Nah, kalau Facebook berhasil meningkatkan permodalannya, maka ini akan menjadikan IPO di bidang teknologi terbesar sepanjang masa. Tentunya penghasilan Zuckerberg bakal meroket meski hanya digaji sedolar.
Facebook kini punya 845 juta pengguna aktif. Diperkirakan pendaftar Facebook akan tembus satu miliar pada pertengahan 2012. Tiap harinya, sebanyak 250 juta foto yang diunggah dan mendapat komentar dan ikon disukai sebanyak 2,7 miliar.

sumber: http://www.gaptekupdate.com/2012/02/bos-facebook-cuma-digaji-1-dolar-per-tahun/
loading...