Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Makan Ikan 2x Seminggu Bikin Jantung Sehat

makan ikan [DuniaQ Duniamu]

Hampir semua orang tahu bahwa banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi ikan. Menurut pakar kesehatan di Eropa, makan dua porsi dalam seminggu bisa cegah penyakit jantung.


Sebuah pedoman kesehatan yang disusun oleh European Society of Cardiology dalam konferensi Euro Prevent di Dublin, Irlandia, menjelaskan bahwa seseorang harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan dalam seminggu. Salah satunya boleh berupa suplemen, tetapi tetap harus memakan ikan.

Memakan ikan jauh lebih baik ketimbang mengonsumsi suplemen ikan. Hal ini karena ikan mengandung beberapa gizi lain yang tidak bisa ditemui di dalam suplemen tersebut. Omega 3 dipercaya menjadi kandungan yang berikan manfaat baik bagi jantung, namun para ahli belum bisa membuktikannya.

"Asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan manusia, apakah ini tentang otak atau kekebalan tubuh. Para pakar profesional memiliki peran penting untuk mendidik masyarakat tentang efek baik dari mengonsumsi ikan sebanyak 1 gram tiap harinya," ujar Philip Calder, ahli gizi dari University of Southampton, Inggris.

Walau mengonsumsi suplemen ikan diperbolehkan, tetapi pakar kesehatan menyarankan untuk tetap memakan ikan. Hal tersebut diungkapkan oleh Daan Kromhout dari Universitas Wageningen, Belanda.

" Hal ini karena ikan mengandung berbagai gizi lain seperti vitamin D, selenium dan yodium yang mungkin juga bermanfaat bagi penyakit kardiovaskular. Tapi perlu diingat, ikan bukan satu-satunya cara terhindar dari penyakit jantung. Selain mengonsumsi ikan, Anda juga perlu memakan makanan sehat, tidak merokok dan aktif secara fisik," jelas Daan, seperti yang dikutip dari Telegraph.


sumber 
loading...