Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Apa Yang Akan Terjadi Jika Notebook Terendam Air?

Apa Yang Akan Terjadi Jika Notebook Terendam Air? ImageJika Notebook dalam keadaan basah dan kotor terkena atmosphere banjir, jangan sekali-kali menyalakan (Power-on) apalagi mengunakan cokokan listrik. Keadaan ini malah akan memperparah Notebook. karena menyebabkan korseleting (short) pada komponen elektronika-nya. Sebaiknya segera memindahkan cover ketempat kering, membuang semua sisa atmosphere dan kotoran yang masih melekat dengan path kain bersih.
Selanjutnya adalah mencopot battere, lalu membrsihkan dan mengeringkanya. Jika terlihat kotor, bersihkan dengan kain halus dengan sedikit atmosphere dan digosok perlahan. Hati-hati terhadap kutup-kutup plus-minus battere (biasanya dari logam berwarna kuning berkilau dibagian bawah/samping bodi battere). Bersihkan bagian ini sampai kering. Jika sudah kering sebaiknya battere jangan dipasang kembali dulu ke Notebook.
Jemur Notebook dibawah sinar matahari, dan letakan dengan berpindah posisi agar atmosphere dibagian dalam bisa langsung keluar. Setelah dijemur sampai kering, bisa disemprot dengan pengering rambut (hair-dryer) agar bagian dalam cover bisa dijangkau. Semprotkan dilubang lainya, seperti speaker, port-connector, powe, keyboard dsb. Hati-hati jangan sampai posisi Hair-dryer terlalu dekat agar tidak merusak komponennya.
Battere juga dapat dijemu di bawah sinar matahari, tapi sebaiknya dibungkus kain terlebih dahulu. Battere tipe lithium (Li-Ion) sangat sensitiv terhadap lingkungan panas yang dapat membuat struktur kimiawi-nya rusak dan beresiko meledak. Sebaiknya dijemur sampai 1 – 3 jam saja. Setelah itudapat dimasukan kedalam kulkas (tetap dibungkus kain), dan jangan memaskan kedalam frezeer. Suhu dingin selama beberapa jam dapat mengembalikan kemampuan battere.
Apa Yang Akan Terjadi Jika Notebook Terendam Air? Image
Jika sudah terbiasa dengan hal-hal teknis, kita dapat membuka cassis (bodi) cover untuk mengeluarkan perangkat utama (seperti Processor, Hard Disk, Motherboard, RAM dsb) agar memastikan semuanya tidak mengalami kerusakan. Aritektur cover memiliki sistem yang cukup sederhana, terdiri berbagai modul label yang dikoneksikan mengunakan konektor dan kabel. Yang perlu diingat, karena komponen cover biasanya kecil dan halus, diperlukan perlakuan yang ekstra hati-hati.
Siapkan toolset seperti obeng plus-minus berukuran kecil dan sedang, lebih baik jika memiliki Ampere Meter. Balik notebook, dan copot semua mur dibagian bawah agar framework dapat terbuka (umumnya HDD, RAM Optical Disk terletak dibagian bawah). Hafalkan lokasi mur tersebutagar pada saat pmasangan kmbali tidak salah letak. Telusuri dengan hati-hati semua baut yang belum terbuka, dan pisahkan semua komponen yang telah dibuka.
Apa Yang Akan Terjadi Jika Notebook Terendam Air? Image
Perhatikan semua kabel dan konektor yang ada. Jangan sampai terputus atau rusak. Inijuga termasuk sirkuit yang ada terdapat didalam motherboard yang tidak boleh tergores atau lecet.
Komponen yang pale rentan mengalami kerusakan adalah perangkat mekanis seperti Hard Disk dan Optical Disc (CD/DVD), Jika sudah dapat membuka kedua perangkat ini, langsung pisahkan dan keringkan sama seperti langkah diatas.
Buka semua bagian cover dan copot habis komponen semaksimal yang dapat dilakukan. Pisahkan semua peralatan, lalu jemur kembali sampai kering dan sesekali disemprot dengan hair-dryer. Setelah semuanya kering ukur semua komponen dengan Ampere Meter dengan cara menghubungkan konekter kealat tersebut. Jika dari angkanya di-indikasikan masih baik, berarti komponen dapat digunakan kembali. Jangan lupa untuk melakukan contrast tehadap battere juga.
Pasang kembali semua komponen dengan hati-hati keposisi semuladibagian pada notebook. Kencangkan semua bautlalu setelah selesai semprot kembali dengan hair-dryer untuk memastikan semuanya telah kering, pasang battere ketempat semula.
Sebaiknya gunakan listrik untuk melakukan contrast pertama, dengan asumsi battere telah mengalami kekosongan daya. Jangan langsung dinyalakan, biarkan battere menyerap energi listrik kurang lebih selama satu jam.
Apa Yang Akan Terjadi Jika Notebook Terendam Air? Image
Setelah itu copot kabel listrik, lalu nyalakan seperti biasa. Jika tampilan cover jalan seperti biasa, masuk ke menu BIOS dengan menekan tombol DEL atau F12 (tergantung tipe Notebook). Cek semua information peralatan BIOS apakah sudah benar, dan lakukan environment seperlunya seperti tanggal, booting priority dan sebagainya. Jika tidak mngerti, dapat melakukan environment strange seperti kondisi aslinya pada saat dibeli. Pilihan ini pasti tersedia dimenu BIOS.
Jika cover tidak menyala sebagaimana mestinya, berarti ada komponen yang mengalami kerusakan parah. Tidak ada pailihan lain selain menggantinya dengan yang baru. Kita dapat menghubungi businessman / play cover yang banyak tersedia. Kita hanya dapat berharap agar kerusakan tersebut tidak terlampau banyak dan mengenai komponen utama seperti Processor maupun Motherboard yang berharga cukup mahal.
Untuk menghindari kerusakan Notebook, sikap yang pale baik adalah dengan melakukan tindakan preventif, yaitu menyelamatkanya sebelum terkena banjir. Tapi musibah kadang terjadi begitu saja dan kita perlu mengambil langkah-langkah tertentu agar kerugian tidak terlalu besar. Untuk itu diperlukan aktivitas ekstra seperti yang dijelaskan diatas. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

sumber:http://dunianet.com/2011/10/15/apa-yang-akan-terjadi-jika-notebook-terendam-air.html
loading...