Macam-Macam Jenis Pistol dari Masa ke Masa

Pistol seringkali dianggap sebagai senjata kelas dua , di lihat dari hal kekuatan bila dibandingkan dengan senjata jenis laras panjang.  Tapi angan salah dulu! , bersama-sama kekuatan pistol tidak jauh berbeda dengan senjata laras panjang loh. Keduanya hanya dibedakan oleh jenis situasi adu-tembak ketika mereka digunakan , apakah itu jarak jauh atau jarak dekat.

Senapan laras panjang memang lebih diuntungkan dalam situasi adu-tembak jarak jauh alasannya yaitu kemampuan akurasi mereka yang bisa mencapai jarak yang jauh , sementara keringkasan dari pistol membuatnya lebih mematikan dalam situasi adu-tembak jarak dekat. Kaprikornus jikalau kalian mau berduel di jarak yang erat kenapa bawa senapan AK47 yang beratnya 4kg.

Ada banyak jenis pistol yang sudah beredar , masing-masing kemudian dapat dijabarkan ke kategori yang lebih spesifik lagi , akan tetapi lima kategori berikut yaitu pistol yang paling umum dan kebetulan sedikit sesuai dengan urutan waktu sejarah pembuatannya. Yaps inilah jenis jenis pistol yang ada di dunia ,

1. Single-Shots Pistols

Macam-Macam Jenis Pistol dari Masa ke Masa

Pistol berjenis ini hanya bisa menembakkan peluru sekali saja , kalian tentu harus melaksanakan isi ulang sebelum menembak kembali. Oleh alasannya yaitu itu , berhati-hatilah dengan tembakan pertama tersebut , alasannya yaitu belum tentu ada kesempatan kedua ketika musuh kalian menerjang. Pistol jenis ini juga merupakan jenis pistol yang pertama kali berkembang semenjak pertama kali digunakannya mesiu.

Salah satu pistol tertua dari Dinasti Yuan di China yaitu juga merupakan pistol jenis Single-Shot yang bentuknya menyerupai dengan meriam berukuran mini ini. Pistol jenis ini bahkan juga digunakan pada pertempuran pedang. Di era kolonialisme , para penjelajah memiliki pistol ini dalam persenjataan mereka. Kalau perhatian perhatikan , Kapten Jack Sparrow Pirates of the Caribbean juga pake pistol jenis ini.

2. Pistol Laras Ganda

Macam-Macam Jenis Pistol dari Masa ke Masa

Setelah era Single Shot Pistol kemudian orang mencari-cari cara untuk dapat menembak secara beruntun lebih dari sekali dan semoga tidak keliatan tolol ketika tembakan pertama meleset maka dikembangkanlah senjata berlaras ganda.

Secara umum , senjata laras ganda yaitu senjata yang memiliki dua laras berdampingan yang masing-masing larasnya tersebut sudah terisi peluru dan siap ditembakan. Walaupun pistol jenis ini tidak lama masa penggunaannya dikarenakan kemunculan pistol revolver , namun cukup banyak dipakai menggantikan pistol sebelumnya

3. Pistol Revolver

Macam-Macam Jenis Pistol dari Masa ke Masa

Pistol revolver ini yaitu pistol yang kalo ditembakan di film film bunyinya peciiu pecciiu. Setelah masa senjata laras ganda , para perakit senjata akibatnya menemukan bentuk senjata yang dapat menembak banyak peluru secara beruntun. Dengan menggunakan silinder berisi peluru yang otomatis berputar setelah senjata tersebut ditembakan , pistol revolver dapat menembakan sampai 5-8 peluru tergantung kapasitas silinder tersebut.

Pistol ini sangat luas penggunaannya pada periode ke-19 bersamaan dengan berkembangnya Amerika , dan sampai kini pistol revolver pun masih memiliki paor sendiri alasannya yaitu teknologinya tidak lantas tergoda zaman oleh kemunculan pistol-pistol baru.

4. Pistol Semi-Automatic

Macam-Macam Jenis Pistol dari Masa ke Masa

Pistol semi-automatic yaitu pengembangan teknologi dari pistol revolver , dengan konsep yang sama yakni pistol yang terkokang secara otomatis setelah tembakan sebelumnya namun dengan mekanisme yang sedikit berbeda.

Pistol jenis ini telah menjadi senjata utama bagi aneka macam kesatuan polisi dan senjata sampingan bagi para tentara , kecuali mungkin para polisi CHIPS yang masih menggunakan revolver mereka pada ketika itu. Eh pada tahu CHIPS kan ?

5. Pistol Modern

Macam-Macam Jenis Pistol dari Masa ke Masa

Perkembangan senjata Pistol kemudian menghasilkan bentuk-bentuk senjata yang sulit dimasukan ke dalam kategori pistol yang biasa , namun juga bukan merupakan  jenissenapan laras panjang. Biasanya hal ini di akibatkan oleh mekanismenya yang terlalu canggih dan otomatis mendekati mekanisme senapan.

Pistol ini memang bentuknya memang sedikit terlalu besar dan berat , menyerupai misalnya pistol tipe Glock yang tidak mungkin kalian bisa selipin di balik celana. Ini yaitu jenis pistol yang banyak di gunakan ketika ini alasannya yaitu teknologinya sudah sangat canggih dan tentunya dengan bentuk yang makin ragam dan keren tentunya.