Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Keyboard Bisa Pengaruhi Suasana hati

50AE5896A1FEA12CDC49EE114341F1 Keyboard Bisa Pengaruhi Suasana hati
Banyak pekerja yang menghabiskan berjam-jam di depan keyboard QWERTY pada PC. Sekarang para ilmuwan telah menemukan bahwa keyboard tersebut ternyata bisa membentuk reaksi perasaan kita terhadap kata-kata.
Anehnya, orang cenderung bereaksi lebih positif terhadap kata-kata yang diketik dengan huruf dari sisi kanan keyboard QWERTY. Sedangkan kata-kata dari sisi kiri membuat cenderung membuat orang merasakan emosi negatif.

Diwartakan Dailymail, Minggu (11/3/2012), efek tersebut dijuluki efek QWERTY, yang menurut para ilmuwan kognitif, disebabkan karena mengetik dengan tangan kanan jauh lebih mudah ketimbang dengan tangan kiri. Pasalnya di sebelah kiri ada lebih banyak huruf dan lebih sulit untuk mengatur ketepatan.
Mereka menguji bagaimana orang bereaksi menggunakan campuran kata-kata nyata, kata-kata baru seperti ‘LOL’ dan bahkan kata yang dibuat-buat seperti ‘Pleek’. Para relawan pengujian itu, cenderung menilai bahwa kata-kata yang berasal dari sisi kanan keyboard terasa lebih positif.
Kata-kata seperti ‘LOL’ tercipta setelah bahasa beralih ke dalam keyboard, dan secara khusus sangat rentan terhadap efek keyboard. ‘LOL’ sendiri bukan merupakan kata yang umumnya diketik, bukan diucapkan.

“Ketika orang mengetik jenis kata yang hurufnnya lebih banyak di sisi kanan, mereka memiliki perasaan yang lebih positif, dan ketika jenis kata-kata yang mereka ketik lebih banyak berasal dari huruf di sisi kiri, perasaan mereka cenderung negatif,” kata ilmuwan kognitif Kyle Jasmin dari University College London dan Daniel Casasanto dari The New School for Social Research, New York.
Para peneliti itu menambahkan, “Orang yang bertanggung jawab untuk penamaan produk baru, merek, dan perusahaan mungkin sebaiknya mempertimbangkan potensi keuntungan, dengan meninjau keyboard mereka dan memilih nama yang tepat.”

Sumber:http://www.gaptekupdate.com/2012/03/keyboard-bisa-pengaruhi-suasana-hati/
loading...