Inilah Rumah Mewah Berusia 900 Tahun

Arkeolog Inggris menemukan sisa-sisa bekas didirikannya bangunan rumah besar (mansion) berusia 900 tahun lalu. Temuan menarik bagi peneliti, di mana tidak ada rekaman atau dokumentasi mengenai bangunan bersejarah tersebut.


 
"Ini adalah penemuan signifikan dan karenanya sangat menarik, terutama karena tidak ada catatan dokumentasi bahwa situs tersebut pernah ada di sini," kata Bob Davis, arkeolog bangunan yang berpartisipasi dalam penggalian, seperti dilansir Foxnews, Jumat, (26/7/2013).

Para penggali kabarnya mulai tiba dan bekerja pada 8 April 2013 di situs yang terletak di Longforth Farm, Wellington, Somerset. Wilayah tersebut merupakan daerah agrikultural di bagian barat daya Inggris.

Arkeolog berencana untuk menggali sebelum dimulainya pembangunan perumahan oleh Bloor Homes. Sebelumnya tim belum mengetahui bahwa penggalian pada akhirnya menemukan sisa-sisa bekas bangunan rumah mewah di abad pertengahan, yakni sekira abad ke-12 hingga abad ke-14.

"Hal semacam ini mengungkap, sebuah bangunan abad pertengahan yang besar, berstatus tinggi seperti tanpa catatan sejarah hidup. Ini sangat misterius dan aneh," terang ahli sejarah senior Somerset Country Council, Steve Membery.

Menurutnya, situs ini sangat langka dan tidak ditemukannya catatan sejarah bahwa di area tersebut pernah dibangun rumah besar. Semua yang tersisa di lokasi situs menunjukkan adanya fondasi batu dan artefak.

Peneliti juga menemukan genteng keramik mengkilap, ubin lantai dan dekorasi lainnya. Ini menunjukkan bahwa bangunan memiliki status yang tinggi, yang kemungkinan digunakan untuk pusat aktivitas keagamaan.

"Kami belum tahu siapa yang memiliki atau penggunaan bangunan ini. Penggalian sedang berlangsung, tetapi akan berakhir minggu depan," pungkas Laura Joyner dai komunitas dan petugas edukasi untuk Wessex Archaeology. (fmh)



sumber