Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Sangat Berbahaya Minum Air Es Setelah Olahraga

Tidak baik jika minur air es setelah olahraga ini sebuah peringatan, himbauan untuk yang suka meminum air es saat setelah selesai olahraga. Banyak orang langsung menenggak air es begitu selesai olahraga. Memang nikmat. Tapi kebiasaan itu tidak benar. Bayangkan, seandainya Anda membuang air es ke wajan panas, apa yang akan terjadi? Asap akan segera menyembur keluar. Itulah yang terjadi ketika Anda minum air dingin setelah berolahraga. Pasalnya, suhu tubuh memanas hingga di atas 37 derajat Celsius saat berolahraga.

Ketika organ tubuh dialiri air es, jelas metabolisme terganggu. Itu fatal bagi jantung karena bisa membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah ke jantung berhenti. Namun air dingin tidaklah haram. Air dengan suhu yang baik adalah 15 derajat Celsius, dan batas toleransi dinginnya adalah 4 derajat Celsius. Itu pun jangan langsung diminum banyak. Cukup dua cangkir atau sekitar 500 cc.


Sangat Berbahaya Minum Air Es Setelah Olahraga

Yang perlu diperhatikan, minumlah air dingin dengan perlahan. Disadari atau tidak, jika langsung dalam porsi besar, kepala Anda akan pusing karena sistem saraf pusat tidak siap menerima pergeseran respons dari panas ke dingin terlalu cepat. “Minum dua teguk dulu, baru melanjutkan seperti biasa,” kata Tanya Tatyana Rotikan. Kalau ribet mengukur suhu air, caranya mudah saja. Minumlah air yang tidak membuat gigi Anda ngilu.


sumber
loading...