5 Fenomena Cuaca Langka dan Menakjubkan

Cuaca memang tak bisa diprediksi. Kadang sangat ekstrim namun kadang juga sangat jarang terjadi namun memberikukan ketakjuban bagi siapa yang melihatnya. Berikut Fenomena Cuaca Langka dan Menakjubkan yang berhasil dirangkum serupedia.com

1. Awan Pirokulumus




Awan Pirokumulus adalah fenomena yang berhubungan dengan panas yang terbentuk akibat panas yang meluas dan intens di suatu daerah sehingga membentuk Awan Kumulus. Gunung berapi, kebakaran hutan, dan ledakan nuklir ( dalam bentuk awan cendawan) adalah penyebab utama terjdinya awan pirokumulus.

2. Debu Intan (Diamond Dust)


Fenomena ini sangat berhubungan dengan Halo. Diamond Dust adalah kabut yang terbentuk dari butiran/tetesan air yang membeku. Fenomena ini paling sering diamati di Antartika dan Arktik, dan beberapa daerah yang suhu udaranya dibawah titik beku. Di daerah kutub, debu intan ini dapat terlihat selama beberapa hari tanpa gangguan.

3. Vigra

Virga adalah fenomena yang terjadi saat kristal es di awal  jatuh dan menguap sebelum menyentuh tanah akibat tekanan udara yang meningkat saat tanah. Hal ini sangat umum terjadi di padang pasir dan di daerah beriklim sedang. Virga muncul seperti ekor atau jejak dari awan yang menggapai permukaan tanah, kadangkala membentuk awan seperti ubur-ubur. 

4. Pelangi Api


Fenomena atmosfer yang dikenal dengan circumhorizon arc atau fire rainbow  (Pelangi Api), akan muncul ketika matahari berada tinggi (lebih dari 58derajat di atas angkasa). Cahaya matahari menembus lurus dan menyinari awan sirrus yang berisi kristal-kristal es dan membentuk efek prisma, sehingga terlihat pelangi yang berbentuk seperti api.

5. Green Ray


Green Ray juga dikenal dengan nama Green Flash. Fenomena ini muncul sangat singkat sebelum Matahari benar-benar tenggelam dan setelah Matahari terbit. Fenomena ini muncul sebagai kilatan atau cahaya hijau diatas Matahari yang berlangsung sangat cepat, biasanya tak lebih dari 1 atau 2 detik. Hal ini muncul karena pembiasan cahaya atmosfer. Green Ray dapat diamati dari berbagai ketinggian, bahkan dari pesawat terbang.

Sumber