Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

Inilah 7 Efek Buruk Ketika Kurang Tidur

Inilah 7 Efek Buruk Ketika Kurang Tidur. Terkadang kita sering sekali kurang tidur, terlebih jika ada banyak pekerjaan atau sedang ada banyak keperluan yang memang harus di kerjakan pada malam hari. Tanpa disadari, waktu kita yang seharusnya cukup untuk istirahat tidur menjadi sangat berkurang, dan tak sadar bahwa kurang tidur mempunyai efek yang buruk bagi kesehatan.

Nah dibawah ini ada 7 efek buruk kurang tidur yang patut kita ketahui, dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu efek langsung atau jangka pendek dan efek jangka panjang.

Untuk itu mari langsung kita cekidot info lengkap efek buruk kurang tidur dibawah ini.


7 Efek Buruk Kurang Tidur


efek buruk kurang tidur

Efek Buruk Kurang Tidur Jangka Pendek

1. Mood menjadi kurang baik.
Efek langsungnya, ketika Anda terjaga dalam keadaan kaget karena mendengar suara alarm, Anda akan cenderung menjalani hari dengan mood yang kurang baik. Seiring berjalannya hari, Anda akan merasa bingung dan mudah jenuh.

2. Mengurangi kecepatan reaksi/refleks
Tidur dalam waktu yang singkat juga akan mengurangi kecepatan reaksi Anda, sehingga meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan mobil dan musibah lain.

Efek Buruk Jangka Panjang Kurang Tidur

3. Fungsi tubuh menjadi kacau
Jam tidur yang berkurang dan terjadi secara rutin akan mengacaukan fungsi tubuh Anda. Salah satu buktinya, penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur bisa menurunkan kadar hormon leptin, yang membantu mengontrol nafsu makan. Akibatnya, kalau Anda kurang tidur, ada kemungkinan Anda akan makan berlebihan.

4. Meningkatkan kadar Hormon Stress
Kekurangan tidur juga akan meningkatkan kadar hormon stres, yang akan memaksa tubuh mengirimkan lebih banyak glukosa ke dalam aliran darah. Tubuh juga akan menjadi kurang sensitif terhadap insulin.

5. Sistem kekebalan tubuh terganggu
Penelitian lain menunjukkan bahwa kurang tidur akan menghentikan produksi senyawa kimia tertentu dalam sistem kekebalan tubuh, yang menjaga tubuh dari kuman.

6. Peluang sakit Flu meningkat
Kemudian, sebuah studi pada tahun 2009 juga mendapati bahwa orang yang tidur kurang dari tujuh jam sehari akan meningkatkan peluang mengalami flu tiga kali lipat.

7. Menimbulkan radar peradangan Kronis
Ternyata, menurut penelitian lain, ketika mengurangi jatah tidur dari delapan jam menjadi enam jam sehari, Anda akan menimbulkan kadar peradangan kronis. Kondisi ini meningkatkan risiko berbagai problem lain, termasuk serangan jantung, stroke, dan osteoporosis.

Nah itulah 7 efek buruk kurang tidur bagi kesehatan diri kita. Kesimpulannya meskipun Anda merasa cukup kuat menjalani aktivitas meskipun terbiasa tidur hanya lima jam sehari, pikirkan lagi efek jangka panjangnya.

Cobalah untuk mengurangi rutinitas yang kurang penting menjelang tidur, seperti menonton TV, mengecek email, membaca buku, atau chatting di ponsel. Perlahan, tambah jam tidur Anda setengah jam setiap minggu sehingga mencukupi kuota tujuh atau delapan jam setiap malam.

Para pakar mengatakan, satu tanda bahwa Anda sudah cukup tidur adalah jika Anda bisa bangun tepat waktu setiap hari tanpa bantuan alarm.

sumber:http://iddailynews.blogspot.com/2012/01/inilah-7-efek-buruk-ketika-kurang-tidur.html
loading...