Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

5 Penyakit Menular yang Paling Banyak Dialami

detail beritaPENYAKIT menular banyak macamnya. Tetapi hanya ada beberapa yang paling banyak menyerang masyarakat.

Penyakit menular yang juga dikenal sebagai penyakit infeksi. Dalam istilah medis, penyakit menular adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh sebuah agen biologi, seperti virus, bakteria atau parasit. Penyakit menular dapat ditularkan atau menular kepada orang lain, melalui media tertentu seperti udara seperti penyakit TBC dan Infulenza, tempat makan dan minum yang kurang bersih pencuciannya seperti penyakit Hepatitis, atau tifus, dan lain-lain, serta jarum suntik dan transfusi darah seperti HIV Aids dan Hepatitis.

Dari sekian banyak penyakit menular, terdapat lima penyakit yang paling banyak dialami dan menghebohkan sepanjang sejarah dunia yang pernah ada. Berikut paparannya sebagaimana dilansir Boldsky:

Influenza

Sakit flu terdengar sangat umum dan ringan. Infeksi ini menyebabkan gejala berupa demam menggigil, bersin, nyeri tenggorokan atas, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan.

Penyebaran Flu Burung dan Flu Babi, telah menunjukkan bahwa bahkan flu yang dianggap kecil bisa menjadi berbahaya.

HIV

Human Immunodeficiency Virus atau yang disingkat HIV, tidak mengampuni setiap tubuh yang terinfeksi. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh, di mana sistem kekebalan tubuh adalah apa yang membuat kita terhindar dari sakit. Karena HIV merusak sistem kekebalan tubuh, maka kita akan semakin rentan terhadap penyakit.

Keadaan statistik terbaru menyatakan bahwa satu dari enam orang memiliki potensi menginfeksi Anda dengan penyakit seksual menular.

Wabah pes

Wabah pes atau yang disebut juga The Black Death, pernah menyapu sepertiga populasi Eropa pada abad ke 14. Wabah pes disebabkan oleh bakteri yang disebut Yersinia pestis. Bakteri ini dibawa oleh kutu, sedangkan kutu hidup pada tikus. Kutu menyebarkan penyakit ketika mengisap darah tikus atau manusia. Penyakit pes merupakan penyakit menular yang sangat mematikan.

Kolera

Kolera adalah penyakit menular yang disebabkan bakteri Vibrio cholera atau biasa disingkat V. cholera.  Bakteri Vibrio cholerae berasal dari air tercemar yang menginfeksi usus manusia. Kolera kini masih banyak dialami masyarakat di daerah pedesaan terpencil.

Malaria

Penyakit Malaria adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh protozoa parasit yang merupakan golongan Plasmodium, dimana proses penularannya melalui gigitan nyamuk Anopheles.

Protozoa parasit jenis ini banyak sekali tersebar di wilayah tropik, misalnya di Amerika, Asia dan Afrika. Hampir 98 persen dari kematian bayi di Afrika terjadi karena Malaria. Meskipun dapat disembuhkan, hal itu menyebabkan korban karena tidak terdeteksi dini cukup.
 
 
loading...