Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]

7 alasan kenapa kita harus meminta maaf

Sering kita denger pepatah yang berbunyi, "Memaafkan lebih sulit daripada meminta maaf". Memang tekadang hal itu benar, tapi apa meminta maaf lantas bisa kita sebut suatu perkara yang mudah?
Kenyataannya, maaf yang tulus karena kita sadar akan kesalahan lebih susah gan buat diucapin. Berikut alasan-alasan kenapa kita harus meminta maaf kepada orang lain




1. Membangun rasa hormat.
Hubungan dibangun dengan adanya rasa hormat kepada orang lain, dan mengatakan "saya menyesal telah melakukan kesalahan" menunjukkan bahwa kita menghargai perasaan orang tersebut.


2. Membantu kita untuk terus maju
Kita semua pernah membuat kesalahan. Menyimpan rasa bersalah dan kemarahan tidak baik untuk kita atau orang lain. Mengakui kesalahan kita sendiri membantu kita untuk berkembang dan terus maju.


3. Membangun pondasi hubungan yang kuat.
Layaknya sebuah pondasi bangunan yang retak dan harus diperbaiki. Mengabaikan retakan tersebut hanya membuat lebih besar dan pondasi makin melemah. Memperbaiki masalah di masa lalu dengan cara yang sehat akan dapat memperkuat hubungan kita dengan orang lain.



4. Integritas.
Jika kita tidak meminta maaf, itu tidak membuat kesalahan kita menghilang, malah bisa jadi semakin besar. mengakui kesalahan akan membuat kita lebih baik dan membantu orang lain mempercayai kita

5. Ketulusan.
Di sisi lain, jangan meminta maaf hanya untuk bisa melewati masalah. Tidak ada yang menghargai ini. Cobalah untuk mengatakan "Maaf" dengan sungguh-sungguh. Lain waktu jika kita mengulangi kesalahan yang sama, maka tidak ada yang akan percaya lagi.


6. Perasaan lega.
Mengucapkan "Maaf" kepada orang lain akan membuat kita merasa lebih baik. Bahkan jika permintaan maaf pada orang yang tuli, Kita akan sadar bahwa kita telah melakukan sesuatu yang benar dan itu memberi perasaan lega.


7. Menjadi teladan untuk anak-anak.
Mengatakan "Maaf" untuk anak-anak atau di depan anak-anak, menunjukkan kepada mereka bagaimana untuk memperbaiki kesalahan dan menanganinya secara tepat.


sumber
loading...