Sering Duduk Terlalu Lama Bisa Memperpendek Usia


Duduk merupakan aktivitas yang dilakukan untuk rileks. Namun apa yang terjadi bila duduk dilakukan terlalu lama? Jawabannya memang sangat menyeramkan yakni bisa berakibat kematian. Tak pernah terduga memang  duduk terlalu lama itu mengakibatkan kematian.

Menurut penelitian para ahli kesehatan, jika anda ingin sehat dan berumur panjang maka banyaklah bergerak. Secara umum diketahui orang-orang yang terlalu lama banyak duduk dan tidak pernah sama sekali berolahraga dapat menyebabkan resiko kematian. Menurut Dr. James Levine seorang dokter Mayo Clinic di Rochester mengatakan bahwa "sitting disease" atau sering disebut dengan penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Chris Jensen dan rekannya dari The National Institute of Occupational Health, Kopenhagen, menemukan bahwa mereka yang menggunakan komputer selama 3-4 jam dengan lebih dari 100 klik akan mengalami risiko paling tinggi atas sejumlah masalah di tangan atau pergelangan.

Masalah kesehatan yang disebabkan oleh duduk terlalu lama yaitu dapat menyebakan  : 
1. Dapat menyebabkan sakit punggung 
2. Dapat menyebabkan peningkatan resiko diabetes
3. Dapat menyebabkan gangguan fungsi metabolik
4. Dapat menyebabkan sakit leher
5. Dapat menyebabkan fostur tubuh menjadi rusak 
6. Tekanan darah menjadi rendah
7. Menyebabkan Penyakit Jantung 

Untuk anda yang terbiasa menjalani pekerjaan dengan posisi duduk, ada baiknya anda itu jangan terlalu larut dalam pekerjaannya dan membiarkan anda duduk terlalu lama. Sesekali anda beranjak dari tempat duduk ataupun berdiri untuk memberi waktu tubuh anda agar bisa bergerak.


sumber