4 Tips Ampuh Usir Rasa Kantuk di Siang Hari



Setiap orang pasti pernah mengalami rasa kantuk di siang hari, baik itu saat bekerja, sekolah, atau sedang diam di rumah. Rasa kantuk yang menyerang di siang hari memang dianggap menggangu karena bisa menurunkan kosentrasi selama beraktivitas di siang hari.

Untuk mengusir jauh-jauh rasa kantuk yang sering menyerang ketika siang hari, berikut Wow Menariknya himpun beberapa tips agar Anda tidak merasa kantuk lagi saat melakukan aktivitas di siang hari.

4. Memiliki waktu tidur malam yang cukup

Tidur yang cukup saat malam hari adalah kunci utama agar Anda tetap bugar dan tidak merasa kantuk saat sedang melakukan aktivitas di siang hari. Jika Anda kekurangan tidur saat malam, tubuh akan terasa lelah karena kekurangan tidur, belum lagi ditambah aktivitas yang dilakukan saat pagi menjelang siang maka tubuh akan semakin lelah dan pada akhirnya kantuk yang hebat akan menyerang Anda di siang hari.

3. Hindari tidur sore

Tidur di sore hari dapat mengganggu tidur malam Anda, yang pada akhirnya akan berdampak buruk ketika siang hari. Ketika Anda tidur di sore hari, Anda akan bangun di malam hari dan tidak memiliki rasa kantuk sementara waktu malam Anda masih panjang. Pada akhirnya Anda akan begadang karena mengalami kesulitan tidur. Hasilnya waktu tidur malam Anda tidak cukup dan tubuh akan terasa lelah nanti saat siang.

2. Jangan makan terlalu kenyang saat makan siang

Makan terlalu kenyang saat siang akan membuat kantuk menyerang Anda. Pasalnya setelah Anda makan, metabolisme dalam tubuh akan mulai bekerja dan memaksa tubuh untuk beristirahat sejenak alias tidur. Jadi, untuk makan siang jangan terlalu kenyang cukup sedikit saja untuk menggantikan energi yang sudah terkuras.

1. Minum kopi

Kopi memang dipercaya bisa menghilangkan rasa kantuk. Namun terlalu banyak meminum kopi juga bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Jadi untuk mengurangi efek berbahya dari kopi, imbangi dengan mengonsumsi makanan-makanan ringan yang sehat tanpa minyak.


sumber